Selamat datang di Berita Lampung Online

Suku pedalaman, Talang Mamak di sensus Ulang

Sunday, June 6, 20100 komentar

Berita Lampung Suku pedalaman, Talang Mamak di sensus Ulang : Badan Pusat Statistik (BPS) Indragiri Hulu (Inhu) kembali mendata suku pedalaman, Talang Mamak, yang terdapat di kabupaten tersebut hingga 15 Juni mendatang.

Sensus ulang tersebut dilakukan agar tak ada penduduk satupun penduduk suku pedalaman yang tercecer, jelas Kepala BPS Inhu, Zulkifli SM, SSi. "Sebenarnya, pelaksanaan sensus sudah selesai pada 31 Mei lalu. Saat ini, pihak BPS hanya melakukan pedataan ulang guna mencari penduduk yang kemungkinan masih ada yang tercecer," ujar dia.

Seperti dikatakan Zulkifli, untuk mendata suku pedalaman yang terdapat di Inhu, pihaknya mengaku cukup kesulitan.Masalahnya, secara geografis terdapat daerah yang sulit dijangkau. Segagai contoh, Datai dan Air Boban yang memerlukan waktu dua hari dua malam untuk menuju lokasi tersebut, tambah Zulkifli.

"Hal itu terjadi karena kedua daerah tersebut hanya bisa dijangkau melalui perahu dengan menyusuri anak-anak sungai yang terdapat di Inhu," ujarnya. Dalam melakukan sensus, pihak BPS juga bekerja sama dengan para pemimpin suku atau yang dikenal dengan nama Batin. Apalagi, lanjutnya, warga Talang Mamak masih cukup sulit beradaptasi dengan orang asing.

"Sebelum bekerja sama dengan Batin, petugas sensus kesulitan dikarenakan banyak warga suku Talang Mamak yang enggan membukakan pintunya," jelas dia.Dalam sensus kali ini, BPS menurunkan sebanyak 888 orang petugas dengan jumlah blok sensus sebanyak 1097. "Kami saat ini sedang melakukan perekapan data," katanya sembari mengingatkan warga Inhu yang belum terdata untuk segera melapor ke RT/RW setempat untuk disensus
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger