Selamat datang di Berita Lampung Online

Pilkada Kota Binjai Putaran dua digelar 5 Juli

Monday, June 14, 20100 komentar

Berita Lampung Pilkada Kota Binjai Putaran dua digelar 5 Juli ; Pelaksanaan pemilu kepala daerah putaran kedua di Kota Binjai, Sumatera Utara hampir dipastikan tetap dilangsungkan sesuai jadwal semula pada 5 Juli 2010. "Sampai hari ini memang tidak ada perubahan, tetap pada 5 Juli," ujar Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Binjai, Agus Susanto ketika dihubungi ANTARA dari Medan, Senin.

Pilkada putaran pertama Kota Binjai berlangsung 12 Mei 2010 atau serentak dengan pelaksanaan pilkada di delapan kabupaten/kota lain di Sumut.

Berdasarkan rapat pleno terbuka yang digelar KPU setempat tiga hari kemudian (15/5), pasangan H. Muhammad Idaham-Timbas ditetapkan sebagai peraih suara terbanyak dengan 25.786 suara (23,06 persen) dari total suara sah 111.826 suara dan mengalahkan delapan pasangan lainnya.

Posisi kedua peraih suara terbanyak dan ditetapkan mendampingi pasangan Idaham/Timbas ke putaran kedua ditempati pasangan H. Zefri Januar Pribadi-Baskami Ginting dengan 22.213 suara atau 19,86 persen, atau hanya unggul 126 suara dari pasangan H. Dhani Setiawan Isma-Hj. Meutya Hafid yang di posisi ketiga dengan 22.087 suara (19,75 persen).

Pasangan Dhani Setiawan dengan mantan presenter sebuah televisi swasta itu kemudian mengajukan gugatan atas hasil pilkada Kota Binjai ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Mereka mempersoalkan hasil penghitungan suara yang dilakukan di sejumlah tempat pemungutan suara (TPS), khususnya di Kecamatan Binjai Barat yang dinilai sangat merugikan pasangan itu.

Hanya saja, MK melalui keputusan yang dibacakan di Jakarta Jumat (11/6) pekan lalu mementahkan gugatan mereka.

Semula KPU Kota Binjai berniat mempercepat pelaksanaan pilkada putaran kedua. Bahkan, ada keinginan untuk menggelarnya bersamaan dengan pelaksanaan pilkada putaran kedua di Kota Medan pada 19 Juni 2010.

Namun demikian, karena berbagai pertimbangan, termasuk menyangkut kesiapan anggaran, KPU setempat tetap pada jadwal semula pada 5 Juli 2010. "Kalau bisa dipercepat tentu akan lebih baik, tapi kita juga harus menyesuaikan diri dengan kesiapan anggaran untuk putaran kedua," ujarnya.

Mengenai kemungkinan akan dilakukannya perbaikan daftar pemilih tetap (DPT) untuk pilkada putaran kedua, Agus Susanto mengatakan pihaknya masih harus mengonsultasikannya dengan pihak-pihak terkait.

Pilkada Kota Binjai yang berlangsung 12 Mei 2010 diikuti sembilan pasangan calon wali kota dan wakil wali kota. Mereka memperebutkan 173.662 suara warga yang memiliki hak pilih sesuai DPT dan memberikan suara di 398 TPS yang tersebar di lima kecamatan
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger