Selamat datang di Berita Lampung Online

Pemilukada Kebumen putaran II Berlangsung Sepi

Saturday, June 5, 20100 komentar

Berita Lampung Pemilukada Kebumen putaran II Berlangsung Sepi : Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, putaran II, Minggu (6/6), tampak sepi dibandingkan putaran I pada 11 April 2010. Dari pantauan di sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) pukul 08.00-09.00 WIB, warga yang datang untuk mencoblos relatif lebih sedikit.

Seperti halnya TPS lainnya, TPS 02 Desa Kutosari, Kecamatan Kebumen, suasana pencoblosan juga tampak sepi. Berdasarkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilukada Kabupaten Kebumen Tahun 2010, di TPS ini terdapat 558 pemilih, salah satunya Bupati Kebumen KHM Nashiruddin Al Mansyur yang juga mencalonkan diri dalam pemilukada dan lolos hingga putaran II.

Data yang dihimpun dari petugas pendaftaran di TPS 02 Desa Kutosari, jumlah warga yang datang untuk mencoblos hingga pukul 09.00 WIB baru mencapai 225 orang.

Sedangkan saat pencoblosan putaran I (11/4), jumlah warga yang datang hingga pukul 09.30 WIB sudah lebih dari 300 orang.

Sepinya suasana TPS 02 Desa Kutosari ini juga dikeluhkan seorang warga yang baru mencoblos.

"Sepi benar, sepertinya banyak yang golput," kata seorang warga sambil berjalan meninggalkan TPS.

Sementara itu seorang warga Jalan Pemuda Kebumen, Wawan (38) mengaku bingung untuk memilih pasangan calon yang tampil dalam pemilukada putaran II ini.

Menurut dia, dua pasangan calon bupati dan wakil bupati yang ikut dalam Pemilukada Kabupaten Kebumen putaran II ini tidak memiliki visi dan misi yang jelas.

"Saya tak tahu nanti akan mencoblos atau tidak," katanya.

Secara terpisah, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kebumen Teguh Purnomo mengatakan, pihaknya berharap masyarakat tetap berpartisipasi dalam pemilukada putaran II ini sehingga angka partisipasi pemilih minimal sama dengan putaran I, yakni 63 persen.

Menurut dia, jumlah pemilih dalam pemilukada putaran II ini tetap sama dengan putaran I, yakni 973.723 orang.

"Sesuai peraturan, tidak ada pemutakhiran data untuk putaran II sehingga jumlah DPT-nya tetap sama dengan putaran I," katanya.

Dengan demikian, kata dia, jumlah TPS dalam pemilukada putaran II ini tetap seperti saat putaran I, yakni 2.070 lokasi yang tersebar di 26 kecamatan.

Pemilukada Kabupaten Kebumen Putaran II, Minggu (6/6), diikuti dua pasangan calon bupati dan wakil bupati, yakni K.H.M. Nashiruddin Al Mansyur - H. Probo Indartono (bernomor urut 2) serta H. Buyar Winarso - Djuwarni (bernomor urut 3).

Kedua pasangan ini lolos ke pemilukada putaran II karena saat putaran I yang diikuti empat pasangan calon, tidak ada yang berhasil meraih suara lebih dari 30 persen suara.

Dalam hal ini, H Rustriyanto - Hj Rini Kristiani (nomor urut 1) hanya meraih 19,33 persen suara, KHM Nashiruddin Al Mansyur - H Probo Indartono (nomor urut 2) meraih 27,52 persen suara, H Buyar Winarso - Djuwarni (nomor urut 3) meraih 29,46 persen suara, dan H Poniman Kasturo - Nur Afifatul Koeriyah (nomor urut 4) meraih 23,75 persen. kitu tunggu Hasil Pemilukada Kebumen putaran II
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger