Selamat datang di Berita Lampung Online

Pemilukada Kabupaten Pesawaran 2010

Sunday, June 13, 20100 komentar

Berita Lampung Pemilukada Kabupaten Pesawaran 2010 ; Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pesawaran Sebelumnya telah membuka pendaftaran balon bupati-wakil bupati. Ada tujuh balon yang mendaftar. Terdiri atas empat pasangan diusung dari partai politik (parpol) dan tiga pasang melalui jalur perseorangan.

Kemudian Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pesawaran mengubah tahapan Pilkada Pesawaran sesuai instruksi KPU Pusat dan provinsi. Di antaranya meminta KPU Pesawaran mengulang kembali pelaksanaan tahapan pilkada dari awal, termasuk pendaftaran balon bupati-wakil bupati.

Instruksi itu tertuang dalam surat KPU Lampung nomor:270/42/KPU-LPG/III/2010 tanggal 1 Maret 2010 tentang pemberhentian tahapan pilkada di Kabupaten Pesawaran yang ditandatangani oleh ketua KPU Lampung, Edwin Hanibal.

Rapat pleno antara KPU Lampung dan anggota KPU Pusat Andi Nurpati serta DPRD Pesawaran dan penjabat Bupati Pesawaran, memutuskan dua butir kesepakatan yakni; KPU Pesawaran harus terlebih dahulu melakukan perubahan tahapan pilkada di Kabupaten Pesawaran sesuai dengan surat KPU yang pernah terbit.

Keputusan tersebut berdasarkan surat KPU No.46/KPU/II/2010 tanggal 1 Februari 2010, surat KPU nomor 51/KPU/II/2010 tanggal 4 Februari 2010 dan surat KPU nomor 72/KPU/II/2010 tanggal 8 Februari 2010 serta surat KPU Lampung nomor 270/27/KPU-LPG/2010 tanggal 12 Februari 2010.

Akhirnya Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pesawaran membuka pendaftaran calon pada 17-24 Maret. Pengumunan resmi perubahan jadwal tahapan pilkada Pesawaran dilaksanakan pada 15 Maret 2010. Jadwal tersebut disepakati dalam pertemuan antara KPU Pesawaran dengan KPU Lampung.

Penetapan Nomor Urut Calon Bupati Pesawaran Periode 2010 - 2015
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesawaran melakukan penetapan dan pengundian nomor calon bupati dan wakil bupati Pesawaran pada hari Sabtu, 17april 2010. Berikut hasil pengundian Nomor Urut calon Bupati Pesawaran 2010 ;

1. Pasangan M. Nasir-Arofah (Benar),
2. Pasangan Dimyadi Roni-Syahruji,
3. Pasangan Badaruddin-Yusuf Purba,
4. Pasangan Pattimura-Johan Sulaiman (Paijo
5. Pasangan Firman Rusli-Badaruddin Utih,
6. Pasangan Aries Sandi-Musiran (Arisan)
7. Pasangan Sutrisno Yuwono-Andika (Petani).

Penetapan dan pengundian nomor calon dilakukan sekitar pukul 13.00 WIB (Sabtu, 17/04) di Aula Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Provinsi Lampung, Kurungannyawa Negerisakti, Gedongtataan, Pesawaran.

Deklarasi pilkada damai 2010
Tujuh pasang calon bupati dan wakil bupati Pesawaran hari Senin 24 Mei 2010 menandatangani tujuh poin kesepakatan deklarasi pilkada damai 2010. Tujuh poin yang disepakati para kandidat itu;

1. Selalu mendukung pelaksanaan pilkada dengan tetap menjaga situasi kamtibnas agar tetap kondusif dan menjunjung tinggi sportivitas.
2. Mematuhi dan melaksanakan segala peraturan perundangan yang berhubungan dengan Pilkada Pesawaran.
3. Selalu menjunjung tinggi persaudaraan antara sesama dengan mengedepankan rasa solidaritas antarkandidat dan menghindari tindakan anarkis serta tindakan-tindakan lain yang bertentangan dengan undang-undang.
4. Melaksanakan kampanye dengan menjunjung tinggi Pancasila dan UUD 1945, menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, serta meningkatkan moralitas dan nilai-nilai agama juga jati diri bangsa.
5. Mengajak masyarakat sebagai pemilih untuk hadir di tempat pemungutan suara (TPS) guna menggunakan hak pemilih pada 30 Juni 2010.
6. Siap menerima dan mentaati hasil Pilkada Pesawaran 2010 sesuai UU dan peraturan yang berlaku.
7. Akan menyelesaikan persoalan dengan cara musyawarah untuk mencapai mufakat maupun secara hukum, apabila terjadi konflik antarkandidat atau konflik dengan pihak penyelenggara pemilihan umum.

Suarat surat Suara

Jumlah surat suara yang dicetak sebanyak 297.543 lembar. Hal ini sudah termasuk cadangan sebesar 2,5 persen dari daftar pemilih tetap (DPT), yakni 290.286 orang. Pilkada di Pesawaran akan diikuti tujuh pasangan calon.

Hasil Perolehan Suara Pilkada Kabupaten Pesawaran 2010-2015 ;

1. Pasangan M. Nasir-Arofah (Benar),
2. Pasangan Dimyadi Roni-Syahruji,
3. Pasangan Badaruddin-Yusuf Purba,
4. Pasangan Pattimura-Johan Sulaiman (Paijo
5. Pasangan Firman Rusli-Badaruddin Utih,
6. Pasangan Aries Sandi-Musiran (Arisan)
7. Pasangan Sutrisno Yuwono-Andika (Petani).


Pencarian
Pilkada Pesawara ,hasil Pilkada pesawaran, quik count pilkada pesawaran,perolehan suara pilkada kabupaten pesawaran, bupti dan wakil bupati pesawaran, biografi calon bupati dan wakil bupati pesawara,artikel pilkada pesawaran, sejarah pilkada pesawaran.

Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger