Selamat datang di Berita Lampung Online

Papua Bersiap Gelar Pemilu Kada di 26 Daerah

Wednesday, June 2, 20100 komentar

Berita Lampung Papua Bersiap Gelar Pemilu Kada di 26 Daerah : Sebanyak 19 kabupaten/kota di Provinsi Papua dan tujuh kabupaten/kota di Provinsi Papua Barat saat ini sedang menyiapkan tahapan penyelenggaraan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilu Kada).

Terkait hal itu, Kapolda Papua Irjen Pol Bekto Suprapto meminta semua Polres di wilayah yang akan menyelenggarakan Pemilu Kada agar mempersiapkan segala perangkat yang diperlukan demi suksesnya pesta demokrasi tersebut. "Saya sudah minta Kapolres-kapolres agar mempersiapkan aturan-aturan, kebutuhan personil, dana dan lain-lain agar penyelenggaraan Pemilu Kada di semua daerah bisa sukses dan aman," kata Bekto di Timika, Papua, Selasa (1/6).

Bekto meminta semua Polres yang wilayahnya menyelenggarakan Pemilu Kada belajar banyak dari kasus-kasus yang terjadi di beberapa daerah lain di Indonesia seperti Mojokerto dan Bengkayang di Kalimantan Barat.


Agar kejadian serupa tidak terulang di Papua, menurut Bekto, Polres selaku institusi yang bertanggung jawab menjaga keamanan penyelenggaraan Pemilu Kada harus benar-benar mempersiapkan diri.

"Semua harus benar-benar siap, berapa kebutuhan personil dan dana maka sampaikanlah itu ke Pemda. Jangan sampai kurang lalu terjadi masalah, tetapi jangan juga berlebihan karena bisa terjerat masalah korupsi," kata mantan Kapolda Sulawesi Utara itu.

Bekto Suprapto juga menyoroti pemberitaan media massa baik cetak maupun elektronik tentang berbagai persoalan sosial di Papua yang dinilai berlebihan. "Masalah yang terjadi di Papua sebetulnya soal image atau kesan. Orang beranggapan kondisi Papua seperti yang terlihat di layar TV atau seperti yang ada di media cetak, padahal kenyataannya tidak seperti itu," katanya.

Ia mengatakan, Polda Papua tidak menafikan adanya gangguan keamanan di beberapa tempat tertentu, namun tidak seluruh wilayah Papua rawan gangguan keamanan.
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger