Selamat datang di Berita Lampung Online

Padi Kualitas Unggul Tahan Wereng Varietas Pepe

Thursday, June 10, 20101komentar

Berita Lampung Padi Kualitas Unggul Tahan Wereng Varietas Pepe : Petani di Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengembangkan tanaman padi kualitas unggul tahan wereng (KUTW), yaitu varietas Pepe.

Dari total lahan pertanian seluas 16.100 hektare (ha) yang ada, seluas 8.000 ha di antaranya sudah menggunakan varietas Pepe. "Petani di Bantul sudah mulai meninggalkan varietas IR64 yang sering diserang wereng," kata Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Bantul Edy Suharyanta, Rabu (9/6).


Ia menjelaskan, padi kualitas Pepe merupakan turunan dari varietas IR64. Sifat dasar dari varietas Pepe adalah tahan terhadap hama wereng. "Pada awalnya varietas IR64 memang tahan wereng, tetapi sekarang ini sudah tidak lagi. Varietas tahan wereng yang bagus saat ini varietas Pepe," katanya.

Saat ini, katanya, serangan hama wereng di wilayah Kabupaten Bantul sangat kecil. Rata-rata 4% hingga 5% per ha tanaman padi.

"Justru hama yang sekarang ini merusak pertanian di Bantul adalah tikus. Sudah 27 hektare lahan pertanian yang rusak karena diserang tikus, yaitu di Kecamatan Sedayu, Pleret, dan Jetis," ungkapnya.
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

June 10, 2010 at 12:25 PM

luar biasa

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger