Selamat datang di Berita Lampung Online

kelebihan surat suara Pemilukada Kalteng mencapai 222 ribu

Thursday, June 3, 20101komentar

Berita Lampung kelebihan surat suara Pemilukada Kalteng mencapai 222 ribu : Ketua Tim Sukses Pemenangan Pasangan Amur-Bahar, H Rinco Norkim, Kamis (3/6/2010) menduga kelebihan surat suara Pemilukada Kalteng hingga mencapai 222 ribu diduga karena kesengajaan.

Menurutnya, bisa saja surat suara itu akan digunakan pihak tertentu untuk menggelembungkan suara untuk pasangan calon gubernur tertentu, meskipun KPU merupakan lembaga independen, tetapi bisa saja ada oknum dari KPU yang mencoba berbuat curang.

"Sebab itu, kami minta surat suara yang berlebihan tersebut, dimusnahkan agar tidak menimbulkan kecurigaan ada pihak KPU yang ingin berbuat curang," katanya.

Sementara itu Sekretaris KPU Provinsi Kalteng, Dendul Toepak beralasan kelebihan surat suara karena penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilu kepala daerah Kalteng terlambat.

DPT Kalteng baru ditetapkan sebanyak 1.626.067 pada 5 Mei setelah dua kali perubahan. Sementara kontrak dengan PT Pura Barutama selaku perusahaan percetakan, sudah dilakukan pada 28 April.

Pihak percetakan buru-buru mencetak surat suara karena 22 Mei sudah harus terdistribusi ke 14 kabupaten/kota se Kalteng. Karena DPT belum ditetapkan, pihak perusahaan akhirnya menggunakan data jumlah pemilih saat pemilihan presiden 2009 lalu, ditambah usulan tambahan dari masing-masing kabupaten/kota saat pertemuan di Kabupaten Seruyan.

Dia menyebutkan, jumlah kelebihan surat suara sebanyak 222.476 lembar, bukan 228.674 lembar seperi disebutkan Panwaslu setempat sebelumnya.

Jumlah surat suara yang dicetak sebanyak 1.895.393 lembar, namun yang diterima di Kalteng sebanyak 1.891.266 lembar. Kebutuhan surat suara sesuai jumlah DPT, ditambah 2,5 persen sebagai cadangan yaitu 1.666.719, maka berarti ada kelebihan 222.476 lembar.
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

June 3, 2010 at 9:53 AM

Bener Kak!!blog saya ini 80 persen hasil copas dari situs berita,,,(membagi waktunya agak sulit,blognya ga hanya ini Kak),,,emang susah mmencapai sebuah kesempurnaan!! Oya Kak,,mungkin kedepan akan saya perbaiki, "pelan-pelan saja", (salam dari Pringsewu, Lampung)

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger