Selamat datang di Berita Lampung Online

Tradisi Buang Sial di Hari Raya Waisak

Friday, May 28, 20100 komentar

Berita Lampung Tradisi Buang Sial di Hari Raya Waisak ; Melepaskan burung menjadi salah satu tradisi umat Buddha dalam merayakan Hari Raya Waisak. Tradisi ini dianggap bisa menjadi sarana untuk membuang sial. Burung-burung yang dilepaskan itu diharapkan bisa membawa keberhasilan dalam pekerjaan. Andi (40), salah seorang jemaat, melepaskan 108 ekor burung ke angkasa dengan harapan mendapatkan kesuksesan kerja.

"Katanya angka baiknya segitu. Itu buat buang sial dan agar sukses kerjaan," ujarnya. Di sisi lain pelataran Vihara Dharma Bakti, Lim Nan Sun melepaskan 30 ekor burung gereja. Dia melakukan itu juga dengan harapan bisa mendapatkan keberuntungan.


"Biar kita untung. Nanti juga kalau udah lepas burung kita ga boleh makan dagingnya," ungkapnya. Tradisi lepas burung ini tidak disia-siakan oleh sejumlah orang untuk menangguk rezeki. Mereka sengaja berjualan burung di sekitar Vohara Dharma Bhakti.

Yudi (32), salah satu pedagang burung, mengaku mendapatkan untung berlipat ganda. "Hari biasa kadang cuma dapet Rp 100 ribu atau nggak sama sekali. Tapi saat ini udah dapet Rp500 ribu," kisah Yudi.

Menurut Yudi, melepas burung memang sudah menjadi tradisi yang dilakukan umat Buddha pada Hari Waisak. Karena itulah hari ini dia membawa persediaan burung sampai 1000 ekor. "Biasanya cuma 200 ekor," ujarnya.

Hal yang sama dituturkan Hartono (55), pedagang burung lainnya. Hartono menjual empat macam burung, yakni gelatik, tekukur, merpati, dan burung gereja. Dari keempat jenis itu, burung gereja paling banyak dibeli. "Harganya cuma seribu rupiah, jadi laku banyak. Kalau burung jenis lain lebih mahal, jadi kurang laku," jelas dia.
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger