Selamat datang di Berita Lampung Online

Tahapan pilkada manado KPUD Sulut Tancap Gas

Sunday, May 16, 20100 komentar

Berita Lampung Tahapan pilkada manado KPUD Sulut Tancap Gas, KPUD Sulut langsung tancap gas penuh begitu mengambil alih tahapan Pilwako Manado dari KPUD Manado. Ini terlihat dari dikebutnya tahapan pengumuman pendaftaran calon perseorangan yang dimulai hari ini hingga 17 Mei mendatang, disusul penyerahan berkas dukungan ke KPUD Manado pada 18-19 Mei, dilanjutkan penyerahan ke PPS pada 20-21 Mei.

Cepatnya tahapan ini ditanggapi serius sejumlah pengamat. Pengamat politik Herman Najoan mengatakan, tak masalah Hari H pilwako diubah dari 29 September ke 3 Agustus, tapi pelaksanaannya harus tetap mengacu pada aturan. “Tak boleh ada pihak yang dirugikan, seperti pasangan calon,” katanya, kemarin.

Dicontohkannya, baru sehari setelah penetapan tahapan, sudah dilakukan verifikasi dukungan bakal calon perseorangan. “Apakah para calon perseorangan sudah siap?” tanya Najoan.

Pengamat lainnya, Michael Mamentu menilai, pelaksanaan pilwako Manado akan amburadul. Bakal bermunculan protes dari partai karena merasa dirugikan. “Praktis tinggal tiga bulan hingga 3 Agustus, tapi dipaksakan,” tegasnya.

Menanggapi ini, Divisi Hukum dan Pengawasan KPUD Sulut, Rivai Poli menegaskan, tahapan dibuat tanpa melanggar aturan perundang-undangan. Yang terpenting, pilwako harus dilakukan serentak sesuai petunjuk UU 12 tahun 2008, revisi UU 32 tahun 2004 tentang pemerintahan daerah. “Juga berkonsultasi dengan KPU,” paparnya.

Berdasarkan SK Nomor 25 tertanggal 12 Mei 2010 itu, tahapan inti lainnya adalah pendaftaran pasangan calon pada 9-17 Juni, penetapan pasangan calon pada 11 Juli, masa kampanye 17-30 Juli, masa tenang 31 Juli sampai 2 Agustus hingga Hari H pada 3 Agustus. SK itu juga mencantumkan tahapan putaran kedua dengan Hari H 15 September.(sumber http://www.manadopost.co.id/index.php?mib=berita.detail&id=64878)
tag ; jadwal tahapan pilwako Manado,calon walikota dan wakil wali kota manado 2010-2015
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger