Selamat datang di Berita Lampung Online

Ragam kandidat Pilkada Kalimantan Barat

Thursday, May 13, 20100 komentar

Berita Lampung Ragam kandidat Pilkada Kalimantan Barat Dalam peristiwa hajat demokrasi di enam kabupaten yang akan menyelenggarakan pilkada itu ada tiga kabupaten memiliki peserta dari pejabat bupati atau wakil bupati yang sedang berkuasa, yaitu Sekadau (Simon Petrus), Melawi (Firman Muntaco) dan Sintang (Milton Crosby dan Jarot Winarno).

Sedangkan tiga bupati lainnya sudah menjabat selama dua periode yakni Bengkayang (Jacobus Luna), Kapuas Hulu (Abang Tambul Husin) dan Ketapang (Morkes Effendi).

Bagi kandidat yang masih berkuasa, pada umumnya dijagokan meraih kembali kekuasaannya, karena mereka biasanya menggunakan kunjungan kerja ke daerah dengan menyelipkan "pesan kampanye".

"Meski kampanye belum dimulai, `incumbent` biasanya tambah sering melakukan kunjungan kerja ke daerah sambil kampanye. Tinggal apakah masyarakat cerdas memilih atau tidak, dengan melihat kinerjanya selama ini," kata Arkanuddin.

Hal yang menarik di Sintang, yang tampil menjadi kandidat tidak hanya bupati saja, tetapi juga wakil bupati walau dengan kendaraan partai yang berbeda.

Milton berpasangan dengan Juan didukung Demokrat, PDIP, PKB dabn PKPI, sedang Jarot berpasangan dengan Kartiyus didukung Hanura, PKS, PDS, PAN, PBB, Golkar, PPP, PBR, Patriot, Pelopor dan Pakar Pangan.

Di Ketapang, meski tidak ada "incumbent" yang ikut pilkada, salah satu calon bupatinya, Yasir Ansyari, adalah anak bupati yang sedang berkuasa Morkes Effendi. Yasir yang berpasangan dengan Martin Rantan menjadi kandidat yang berpeluang menjadi pemenang karena adanya dukungan dari pejabat yang berkuasa.

Wakil Bupati Ketapang periode 2000-2005 Lourentius Majun menilai figur muda yang layak dan memiliki kemampuan untuk mimimpin daerah.

"Tak mungkin orang tua mau melepas anaknya tampil sebagai calon bupati kalau memang tak sanggup. Itu sama artinya menjerumuskan," kata Louren seusai melakukan sosialisasi pilkada di seluruh desa di Ketapang.

Yasir kemungkinan akan mendapat tantangan kuat dari pasangan AR Mercer-Jamhuri Amir, Henrikus-Boyman Harus dan pasangan Ismed Siswadi-Suhermansyah.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalbar AR Muzammil mengharapkan pelaksanaan pilkada di enam kabupaten itu berjalan dengan lancar, aman, dan damai seperti pelaksanaan Pemilu Legislatif dan Pilpres tahun 2009.

Tag ; Hasil Perolehan pilkada 6 Kabupaten kalimantaan barat Rabu 19 Mei 2010, Pemilihan Langsung Kepala Daerah (Pilkada) serentak di Kabupaten Ketapang, Bengkayang, Sambas, Sekadau, Sintang, Melawi, dan Kapuas Hulu.
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger