Selamat datang di Berita Lampung Online

Kampanye Terbuka Pilkada Kalimantan Selatan Berakhir

Friday, May 28, 20100 komentar

Berita Lampung Kampanye Terbuka Pilkada Kalimantan Selatan Berakhir ; Mengacu pada Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004, KPU Kalsel menetapkan kampanye terbuka Pemilukada Kalsel 2010 selama 14 hari yakni 16-29 Mei. Masih tersisa dua hari lagi namun, dua hari sisa disepakati tidak ada jadwal kampanye terbuka.

Anggota KPU Kalsel, Seperti di Kutip Berita Lampung dari banjar Masin Post Bachrudin Ali Ahmad menjelaskan, sisa dua hari masa kampanye tidak diisi kampanye terbuka karena dalam rapat penentuan jadwal dan zona kampanye masing-masing tim kampanye dan KPU Kalsel telah sepakat kampanye hanya dua kali di setiap wilayah.

"Kami sudah sepakat Kalsel yang dibagi lima wilayah kampanye, masing-masing kandidat mendapat jatah dua kali kampanye terbuka di setiap wilayah," ujarnya.

Dengan demikian, hari terakhir, Sabtu (29/5) tetap tidak ada kampanye terbuka. Meski tidak ada kampanye terbuka pada Sabtu, Bachrudin mengatakan semua pasangan kandidat tetap boleh berkampanye. Tapi bentuknya bukan rapat umum melainkan hanya pertemuan tertutup, dialog terbatas atau bagi-bagi alat kampanye seperti brosur.

"Jumlah massa yang mengikuti pertemuan terbatas menyesuaikan kapasitas tempat atau maksimal 250 orang dan ada izin dari Kepolisian. Sedangkan kalau ada yang menggelar kampanye terbuka, itu berarti pelanggaran," tegasnya.

Alasan masih bolehnya kampanye terbatas itulah maka rencana KPU Kalsel mengisi hari terakhir masa kampanye terbuka tersebut untuk acara silaturahmi dengan seluruh kandidat dibatalkan. KPU Kalsel menilai kegiatan itu tidak akan efektif.

"Maksud kami menggelar acara itu agar semua kandidat bisa hadir untuk silaturahmi sekaligus mendinginkan suasana. Setelah dipertimbangkan bakal banyak kandidat tidak bisa hadir karena hari terakhir itulah justru mereka gencar melakukan penggalangan dukungan sebelum masa tenang," ujarnya.

Ketua KPU Kalsel, Mirhan AM mengaku cukup lega karena meski kampanye terbuka dijalani para kandidat dengan penuh persaingan, tetap dapat berjalan dengan aman dan lancar.

"Alhamdulillah kampanye terbuka berjalan aman dan damai serta lancar. Walaupun semua kandidat bersaing untuk menang, mereka bisa menenangkan pendukungnya untuk tidak melakukan tindakan yang anarkis," ujarnya.

Mirhan juga mengimbau agar pada masa tenang nanti kandidat, tim sukses dan juga masyarakat tetap bersama-sama menjaga kedamaian hingga hari pencoblosan 2 Juni yang tinggal empat hari lagi.
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger