Selamat datang di Berita Lampung Online

Hasil Survey Ketua umum Partai Demokrat ,Anas Urbaningrum Dipilih 46,2 Persen

Thursday, May 13, 20100 komentar

Berita Lampung Hasil Survey Ketua umum Partai Demokrat ,Anas Urbaningrum Dipilih 46,2 Persen ; Anas Urbaningrum masih tetap favorit untuk menduduki kursi ketua umum Partai Demokrat. Setidaknya hasil survei Lembaga Penelitian, Pendidikan, dan Penerangan Ekonomi Sosial (LP3ES) yang dirilis kemarin membuktikan kuatnya dukungan terhadap mantan ketua umum PB HMI tersebut.Dari ketiga kandidat yang disurvei, Anas Urbaningrum (AU) dipilih sebagai calon yang dimungkinkan besar akan memenangi kompetisi dengan dukungan 46,2 persen responden.

Anas jauh meninggalkan dua kandidat lainnya, Andi Mallarangen (AM) dan Marzuki Alie (MA). ”Preferensi terhadap figur atau kandidat ketua umum Partai Demokrat periode 2010-2015, sebanyak 46,2 persen lebih menghendaki Anas Urbaningrum. Sementara di tempat kedua ditempati Marzuki Alie dengan dukungan 21,3 persen. Sedangkan Andi menempati posisi kelima dengan raihan suara 2,3 persen,” kata Kepala Divisi Penelitian LP3ES Fajar Nursahid kepada wartawan di kantornya, Slipi Jakarta Barat, kemarin (7/4).

Menurut Fajar, pilihan responden itu didasari kondisi obejektidari para elite Partai Demokrat di daerah (DPD) dan cabang (DPC) yang menaruh harapan pada Anas dan Marzuki Alie sebagai dua besar yang pas memimpin Partai Demokrat lima tahun ke depan.Survei LP3ES ini menggunakan metode wawancara langsung tatap muka dengan 481 ketua DPD dan DPC di seluruh Indonesia, pengumpulan data sendiri berlangsung dari tanggal 1 hingga 20 Maret 2010. ”Survei ini kami harapkan akan menjadi penentu kemenangan kandidat. Yang kami survei adalah para pimpinan DPD dan DPC yang memiliki suara di kongres mendatang,” ujarnya.Fajar mengatakan survei dilakukan sebelum masa pra kongres atau sebelum deklarasi kandidat.

Sehingga survei ini murni karena keinginan hati dari para pemilih. Bahkan, selain tiga calon kuat itu, responden juga ada yang memilih kader lainnya untuk ikut berkompetisi di bursa calon ketua umum, yakni Agus Hermanto, Hayono Isman, Taufiq Effendi, Syarif Hasan dan Amir Syamsudin.

Yang menarik dalam survei, ini nama Andi Mallarangeng (AM) kalah jauh dengan kandidat calon ketua umum Hayono Isman dan Agus Hermanto. “Di posisi ketiga ada nama Agus Hermanto dengan perolehan 4,6 persen dan disusul oleh Hayono Isman dengan perolehan 2,5 persen. Sedangkan Andi hanya mendapat 2,3 persen,” ujar Fajar.“Tetapi jika Andi dan Anas head to head di kongres nanti, Anas lebih unggul dengan presentasi 89,4 persen untuk Anas, sementara Andi hanya 10,6 persen. Ini merupakan hasil survei,” bebernya.

Fajar menyatakan alasan yang mendasar dari para ketua DD dan DPC untuk memilih AU karena mantan anggota KPU itu lebih menggunakan prinsip pendekatan pribadi. Yakni melalui telepon, ataupun pesan singkat alias SMS. ”Orang daerah merasa bangga ketika mendapat telepon atau SMS dari orang pusat. Dan Anas-lah yang sering melakukan hal tersebut. Kami istilahkan prinsip personal touch,” ungkapnya.Selain menelepon, Fajar juga menjelaskan bahwa ketua DPD dan DPC itu juga sering menerima kunjungan dari Anas saat ada acara silaturahmi kader. ”Anas dianggap terdepan dalam kunjungan ke grass root,” tambahnya (sumber http://www.pontianakpost.com/index.php?mib=berita.detail&id=32610)
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger