Selamat datang di Berita Lampung Online

Alasan Penundaan Pilkada di Papua dan Flores Timur

Sunday, May 23, 20100 komentar

Berita Lampung Alasan Penundaan Pilkada di Papua dan Flores Timur ; Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan penundaan semua Pemilihan Uraum Kepala Daerah (Pilkada) 2010 di Papua, Manado, dan Mores Timur.Anggota KPU Andi Nurpati di Jakarta, Rabu (19/5), mengatakan, penundaan pilkada di Papua terkait dengan adanya Surat Keputusan Majelis Rakyat Papua (MRP) Nomor 14 tahun 2009 mengenai syarat orang asli untuk calon kepala daerah dan wakil kepala daerah.

Sementara itu, penundaan pilkada di Flores Timur, kata Andi, karena KPU Flores Timur telah mengeluarkan keputusan tidak menerima salah satu pasangan calon yang mereka anggap tidak memenuhi syarat.Padahal, menurut KPU Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan KPU Pusat, pasangan tersebut layak untuk diakomodasi. Selain itu, KPU Flores Timur menutup-nutupi data ketika tim dari KPU Provinsi NTT ingin meninjau kembali keputusan penolakan salah satu pasangan calon tersebut.

"Sementara ini tahapan kampanye (Pilkada Flores Timur) yang mengalami penundaan. Lalu untuk mengatasi permasalahan tersebut, KPU Provinsi bisa membentuk Dewan Kehormatan (DK) untuk KPU Flores Timur atau segera mengambil alih tahapan pilkada di sana," kata Andi.

Untuk pengunduran jadwal pilkada di Manado, Andi menuturkan, KPU Provinsi Sulawesi Utara sudah mengambil alih pelaksanaan tahapan Pilkada Manado sehingga saat ini Pilkada Manado akan dilaksanakan serentak dengan pelaksanaan pemilihan gubernur di Sulawesi Utara pada Agustus.

"Seharusnya pemungutan suara di."Manado paling lambat pada Juli nanti karena masa jabatan kepala daerahnya berakhir pada Agustus.Tapi karena perselisihan terkait pembentukan PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) yang tidak seusai jadwal, pemungutan suara baru akan dilakukan pada Agustus," ujar Andi.

Selain itu, Andi juga menyebutkan, sebenarnya hampir semua daerah yang akan menyelenggarakan pilkada mengalami pergeseran jadwal karena permasalahan anggaran.Naraun, masalah tersebut tidak sampai berakibat pada penundaan karena untuk menunda pilkada memer-lukan prosedur yang cukup berat.
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger