Selamat datang di Berita Lampung Online

Korban Gempa di Cina 400 Orang Tewas

Wednesday, April 14, 20100 komentar

Berita Lampung Korban Gempa di Cina 400 Orang Tewas ; Sekitar 400 orang di Dataran Tinggi Tibet, Tiongkok barat daya, tewas akibat gempa berkekuatan 6,9 skala richter kemarin (14/4). Rumah, sekolah, dan kantor-kantor ambruk sehingga menyebabkan 100 ribu orang lainnya luka-luka. Guncangan merusak wilayah Yushu, etnik Tibet, Provinsi Qinghai. ’’Saya melihat orang cedera di mana-mana. Masalah terbesar kini adalah tenda, peralatan medis, obat-obatan, dan pekerja medis,” kata Zhuohuaxia, seorang juru bicara lokal, kepada kantor berita Xinhua.

Tentara dikirimkan ke daerah itu dan bantuan dari organisasi-organisasi swasta telah diberangkatkan dari ibu kota Xining. ’’Penduduk sangat ketakutan,” tambah Pierre Deve dari Snowland Service Group, satu organisasi nonpemerintah. Ia menambahkan, banyak yang putus harapan terhadap mereka yang masih terperangkap.

Dataran Tinggi Tibet memang sering dilanda gempa. Tetapi, korban biasanya sedikit karena tidak banyak penduduk tinggal di daerah itu. Mereka lebih banyak bermukim di daerah terpencil tanpa tempat perlindungan dalam temperatur mendekat beku di Yushu dan bahkan lebih dingin di desa-desa pegunungan.

Para pejabat pemerintah mengemukakan kepada media bahwa sebagian besar rumah hancur total. Foto-foto menunjukkan gedung-gedung lebih besar tetap utuh, dengan puing-puing di sekitarnya.

Xinhua memberitakan gempa Rabu pagi itu menyebabkan sejumlah sekolah dan bagian dari satu kantor pemerintah runtuh. Sejumlah siswa sekolah keterampilan dan murid SD terperangkap dalam reruntuhan itu, walaupun penduduk mengatakan sebagian besar siswa dapat melarikan diri ke lapangan bermain.

Penduduk dari departemen jalan raya daerah Yushu sedang berusaha menggali puing-puing untuk menceri keluarga mereka yang terperangkap dalam sebuah gedung yang ambruk. Demikian dikatakan pejabat departemen itu, Ji Guodong, melalui telepon.
’’Rumah-rumah itu dibangun menggunakan batu bata dan kuat, tetapi jika gedung-gedung itu ambruk dapat mencederai banyak orang di dalamnya," kata Zhuo De kepada Reuters melalui telepon dari Xining setelah menghubungi keluarganya di Yushu.

Pusat gempa itu terletak di gunung-gunung yang memisahkan Provinsi Qinghai dari Daerah Otonomi Tibet. Di kaki-kaki bukit selatan dan timur daerah itu terdapat rumah untuk para pengembala dan biara Tibet daerah Yusu. Sementara di utara dan barat daerah itu kering dan terpencil.

Badan Geologi Amerika Serikat menyebutkan, gempa tersebut berpusat sekitar 240 km sebelah utara barat daya Qamdo di Tebet dan 375 km sebelah selatan tenggara Kota Golmud di Qihai dan berkedalaman 10 km. Satu gempa berkekuatan 5 skala richter melanda daerah yang sama pada Selasa malam.
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger