Selamat datang di Berita Lampung Online

Pilkada Lamsel Diikuti 8 Pasang

Friday, February 19, 20100 komentar

Pilkada Lamsel Diikuti 8 Pasang, Pemilihan kepala daerah (pilkada) di Kabupaten Lampung Selatan diikuti delapan pasang calon. Empat pasang calon mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum di hari terakhir pendaftaran, Jumat (19-2).

Pasangan calon yang mendaftar, Jumat (19-2), yakni Rycko Menoza Sjachroedin Z.P.-Eki Setyanto diusung PDIP, Partai Demokrat, Hanura, Gerindra, dan PKNU. Lalu, A. Ben Bella-Andi Warisno didukung 23 partai, dua di antaranya berada di parlemen, yakni PIS dan Partai Kedaulatan. Kemudian, Kiswoto-Syairul Alim, calon independen serta M. Abduh Amasta-Z. Arifin Tiang Negara, calon independen.

Sedangkan pendaftar terdahulu, Taufik Hidayat-Agus Revolusi, calon independen, mendaftar Selasa (16-2). Wendy Melfa-Antoni Imam didukung PKS, Golkar, PKB, PBR, PBKI, dan Hanura mendaftar pada Rabu (17-2). Fadhil Hakim-Andi Azis, calon independen, juga mendaftar pada Rabu (17-2). Sementara itu, Zainuddin Hasan-Ahmad Zulfikar Fawzi diusung PAN, PDK, dan PPP mendaftar pada Kamis (18-2).

Ketua KPU Lampung Selatan M. Abdul Hafid mengatakan hingga Jumat petang, calon yang telah mengonfirmasi akan mendaftar sebanyak delapan pasang, empat di antaranya mendaftar di hari terakhir. "Insya Allah sampai pukul 24.00 delapan pasang calon," kata dia yang dihubungi lewat telepon.

Pasangan calon yang diusung PDIP, PD, Hanura, Gerindra, dan PKNU, Rycko Menoza-Eki Setyanto, saat mendaftar diterima Ketua KPU M. Abdul Hafid. Komisioner lainnya--Hargito, Sri Fatimah, dan Erlina--mengecek berkas keduanya.

Sebelum ke KPUD, Rycko-Eki serta ribuan pendukung mereka menggelar doa bersama (istigasah) di Lapangan Radin Intan, Kalianda, sekitar pukul 09.00.

Sekitar pukul 10.00, didampingi Ketua PDIP Lamsel Hendry Rosady, Ketua DPC PD Lamsel Siti Farida, Ketua Bidang Hukum dan HAM Partai Hanura Elza Syarief serta ribuan pendukungnya dari KNPI, IMI, dan Pemuda Pancasila menuju kantor KPU untuk mendaftarkan diri.

Usai mendaftar, Rycko mengatakan akan mengikuti aturan dan mekanisme KPU. KPU juga diminta bertindak netral. "Saya mohon kerja sama yang baik KPU Lamsel. Jika masih ada kekurangan dalam berkas pendaftaran, tolong beritahu secepatnya dan kami siap melengkapinya. Saya akan tunduk dengan aturan dan mekanime yang diberlakukan KPU Lamsel," kata Rycko.

Menjelang pendaftarannya ke KPU, Rycko mendapat tambahan dukungan politik dari Partai Hanura. Partai besutan Wiranto ini sebelumnya mengarahkan dukungan ke pasangan Wendy Melfa-Antoni Imam.

Sementara itu, Ketua KPU Lamsel M. Abdul Hafid mengatakan setelah menerima pendaftaran, langkah KPU selanjutnya memverifikasi berkas yang diserahkan para calon.

"Setelah semua verifikasi selesai, para calon bupati dan wakil bupati akan ditetapkan pada 1 April," kata dia.Sedangkan cek kesehatan para calon dilaksanakan pada 20--26 Februari di RSUDAM dan RSJ Provinsi Lampung di Kurungannyawa, Pesawaran.
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger