Selamat datang di Berita Lampung Online

Jamaah haji Indonesia yang meninggal dunia

Saturday, November 28, 20090 komentar

Jamaah haji Indonesia yang meninggal dunia sampai saat ini di Arab Saudi tercatat 113 orang. Empat di antaranya meninggal dunia menjelang dan saat Wukuf di Arafah, Kamis (26/11/2009) kemarin.

Dari data Siskohat Departemen Agama, jamaah haji yang meninggal dunia sebelum Wukuf adalah Jaeni Sanusi asal Cirebon, Jawa Barat. Ia meninggal di Arafah sebelum prosesi wukuf berlangsung. Pria asal kloter JKS 30 ini meninggal akibat serangan jantung sesaat setelah tiba di tendanya.

Berdasar data sistem komputerisasi haji terpadu (siskohat), jenazah telah dikebumikan di pemakaman Hawa. Tiga jamaah lainnya wafat pada Hari Arafah. Mereka adalah Syafi`i Lahaman asal Kuantan Sengingi (Riau), Normala Bukeri asal Barito Kuala (kalimantan Selatan), dan Murtamat Abdul Djalil asal Trenggalek Jawa Timur.

Sementara, seorang petugas Misi haji Indonesia meninggal dunia di Makkah sehari menjelang hari Arafah. Triyono Achmad Anwar, petugas bagian perawatan mobil Daerah Kerja Makkah, menghembukan nafas terakhir setelah dirawat selama sehari di Balai Pengobatan Haji Indonesia akibat stroke yang dialaminya. Triyono sendiri langsung Syaraya, Makkah.

Sementara itu, berdasar data Balai Pengobatan Haji Indonesia, sebanyak 126 orang mengikuti safari wukuf di Arafah. Sebanyak 34 orang diangkut dalam posisi tidur dengan 17 ambulans, 19 orang dengan tiga mobil coaste, dan 73 orang diangkut dengan tiga bus.

Mereka berangkat dari BPHI yang berlokasi di Holidiyah Makkah sekitar pukul 14.30 dan tiba di Arafah pukul 17.15. Di antara jamaah yang sakit ini, tiga di antaranya menjalani ibadah hajinya dibadalkan.
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger