Selamat datang di Berita Lampung Online

PAN-Demokrat Galang Koalisi Permanen

Sunday, September 6, 20090 komentar

DPP PAN menginstruksikan DPW PAN Lampung untuk menggalang koalisi permanen dengan Partai Demokrat di setiap DPRD, baik provinsi maupun kabupaten/kota.Hal itu diungkapkan Ketua Bappilu DPW PAN Lampung Fikri Yasin, Minggu (6-9) malam. Koalisi dengan Partai Demokrat tersebut dilakukan untuk memperkuat kontrol legislatif terhadap eksekutif.
"DPP sudah menginstruksikan kepada kami untuk menggalang koalisi permanen dengan Demokrat di DPRD. Khususnya di DPRD provinsi. Tujuannya untuk memperkuat kontrol Dewan terhadap eksekutif sehingga tercipta kesetaraan antara DPRD dan Pemda," kata Fikri, Fikri menambahkan koalisi dengan Partai Demokrat akan memperkuat posisi tawar DPRD karena partai ini meraih kursi terbanyak hampir di setiap lembaga perwakilan rakyat.

"Kalau jumlah koalisinya besar, tentu lebih mudah melakukan kontrol terhadap kebijakan-kebijakan eksekutif," kata dia.Di sisi lain, Fikri tidak menampik jika koalisi dengan Demokrat itu juga untuk memuluskan pembagian kursi pimpinan disejumlah alat kelengkapan Dewan. Namun, ujarnya, hal itu bukan merupakan prioritas utama dari koalisi permanen yang sedang digadang-gadangkan PAN.

"Keinginan untuk memperoleh sejumlah kursi pimpinan pada alat kelengkapan Dewan memang ada. Tapi itu hanya bagian dari implikasi koalisi ini. Tujuan utamanya tetap pada memperkuat kontrol Dewan terhadap eksekutif," kata Fikri.

Kebijakan DPP PAN mengenai koalisi permanen dengan Demokrat tersebut, menurut Fikri, sudah disosialisasikan pada seluruh fraksi di DPRD provinsi dan kabupaten/kota. Karena itu, dia berharap Fraksi PAN di DPRD segera melakukan lobi-lobi guna menjalankan instruksi dari DPP PAN tersebut.

Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger