Selamat datang di Berita Lampung Online

Pembangunan Tol Lampung dan JSS 2014

Tuesday, January 15, 20130 komentar

Berita Lampung hari ini - Pembangunan Tol Lampung dan JSS 2014  : Pembangunan ruas jalan Tol Lampung sepanjang 300 kilometer akan dilakukan pada 2014, bersamaan dengan pembangunan Jembatan Selat Sunda (JSS). "Pembangunan jalan tol Lampung itu akan diintegrasikan dengan pembangunan JSS, dan Pemerintah Provinsi Lampung tengah mendorong percepatan pembebasan lahannya," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Lampung, Edi Yanto, pada ekspose program pembangunan Lampung 2013, di Bandarlampung, Selasa (15/1).

Ia menyebutkan, ruas pembangunan jalan tol dimulai dari Bakauheni (Lampung Selatan) hingga Terbanggi Besar (Lampung Tengah), sepanjang 150 kilometer. Selanjutnya, dari Terbanggi Besar hingga perbatasan Sumatera Selatan sepanjang 150 kilometer.

Dikatakan, tahap pertama prioritas pembangunan jalan tol itu adalah dari Babatan hingga Tegineng (Lampung Selatan) sepanjang 51 kilometer.

Untuk merealisasikan pembangunannya, Pemprov Lampung telah menandatangani nota kesepahaman dengan PT Jasa Marga beberapa waktu lalu.

"Namun sepertinya pengerjaan jalan tol tersebut akan dialihkan ke PT Hutama Karya karena sejumlah utusan perusahaan itu telah mendatangi saya terkait pembangunan jalan tol," jelasnya.

Perusahaan BUMN itu lanjutnya akan menjadi konstruktor dan operator jalan tol Lampung dan saat ini tengah mendata segala sesuatu yang diperlukan.

Jalan tol itu untuk memperlancar arus kendaraan yang melintasi di jalan lintas Sumatera (Jalinsum) yang selama ini kerap padat terutama oleh truk yang membawa komoditas hasil produksi pertanian, perikanan, perkebunan dan lain-lain.
Selain itu, angkutan menuju pulau Jawa atau sebaliknya melalui Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni Lampung Selatan juga memadati jalur tersebut.

Sementara itu arus kendaraan yang melintasi di Jalinsum Soekarno-Hatta - Bandarlampung pada hari biasa cukup padat, dan didominasi oleh truk, bus dan pribadi.

Sempitnya badan Jalan di jalinsum tidak sebanding dengan volume kendaraan yang melintas sehingga sering sekali macet, terutama oleh truk pembawa hasil produksi dan bus.

Untuk mendapatkan Berita update hari ini kunjungi Berita Lampung
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger