Selamat datang di Berita Lampung Online

Aturan Baru BI jutaan kartu kredit bakal ditutup bulan ini

Monday, January 7, 20130 komentar

Berita Lampung hari ini - Aturan Baru BI jutaan kartu kredit bakal ditutup bulan ini : Perbankan mulai melakukan seleksi lebih ketat bagi calon nasabah pemegang kartu kredit, terhitung mulai bulan ini. Perbankan penerbit kartu kredit menggandeng Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AKKI) untuk melakukan penyisiran data nasabah pemegang kartu kredit.

General Manager AKKI Steve Marta menyebutkan, dari data Bank Indonesia, saat ini sekitar 17 juta kartu kredit beredar di Indonesia. Dengan ketentuan baru dari bank sentral yang membatasi kepemilikan kartu kredit hanya dari dua penerbit untuk nasabah dengan penghasilan antara Rp 3 juta hingga Rp 10 juta per bulan, jutaan kartu kredit bakal ditutup. "Estimasi pemegang kartu kredit yang tersisir 5 juta itu dalam 2 tahun," tutur Steve kepada wartawan, Senin (7/1).

Pihaknya akan mulai melakukan penyisiran kepemilikan kartu kredit dari nasabah baru.
Untuk nasabah dengan pendapatan Rp 3 juta sampai Rp 10 juta per bulan yang sudah terlanjur memegang kartu kredit lebih dari dua penerbit, penyisiran oleh perbankan dan AKKI akan dilakukan secara bertahap.
Steve memperkirakan, pertumbuhan jumlah kartu kredit akan mengalami penurunan yang cukup signifikan. Pertumbuhan kepemilikan kartu kredit juga diyakini bakal melambat.

"Yang kita estimasi itu pertumbuhan, naiknya jadi berkurang. Dari 12 persen jadi 5 persen. Karena sekarang nasabah yang sudah punya kartu biasanya ditawari lagi, ditawari lagi, sekarang ini yang baru-baru sudah punya kartu, tidak bisa," jelasnya.

Bank Indonesia mencatat peningkatan transaksi kartu kredit per Oktober 2012 menjadi Rp 17,19 triliun dari Rp 16,16 triliun per September 2012. Sepanjang Oktober terlihat ada peningkatan sebesar 6,4 persen.Peningkatan jumlah transaksi tersebut mengiringi volume penggunaan kartu kredit yang juga meningkat dari 17,31 juta penggunaan per September menjadi 17,97 juta penggunaan per Oktober. Sementara itu, jumlah kartu kredit beredar juga meningkat menjadi 15,76 juta kartu per Oktober dari 15,59 juta pada bulan sebelumnya.


Untuk mendapatkan Berita update hari ini kunjungi Berita Lampung

Data umlah kartu kredit 2012, jumlah pemilik kartu kredit 2013, data bank indonesia, aturan kepemlikan kartu kredit yang baru, pertumbuhan kartu kredit di indonesia 
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger