Selamat datang di Berita Lampung Online

Dana CSR PT Astra 2,5%-4% Dari Laba Bersih

Sunday, August 5, 20120 komentar

Berita Lampung - Dana CSR PT Astra 2,5%-4% Dari Laba Bersih : Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra menegaskan perusahaan otomotif itu menyisihkan dana corporate social responsibiliy (CSR) antara 2,5%-4% dari total laba bersih setiap tahun.


“Kami sangat peduli dengan lingkungan sekitar. Cuma saja kami memberikan kail,bukan ikan, sehingga masyarakat lebih mandiri dan memiliki tanggung jawab,” ujarnya menjawab Bisnis di Medan akhir pekan lalu.

Menurut dia, beberapa program CSR yang dipilih Daihatsu adalah peningkatan kualitas Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Lampung. Selama ini, kata dia, terus terang lulusan SMK tidak ada yang dapat dipakai langsung bekerja di Daihasu.

Melihat kondisi tersebut, kata dia, manajemen Daihatsu memutuskan memberikan pelatihan kepada sejumlah SMK untuk menghasilkan pekerja siap pakai. “Kami memulai di SMK Lampung. Hasilnya sangat bagus, walaupun tamatan SMK dari Lampung banyak yang ditampung kompetitor Daihatsu. Kami tidak mempersoalkan itu, karena tujuan kami mendidik lulusan SMK menjadi siap pakai,” tuturnya.

Kemudian, kata dia, satu hal yang sangat ditekankan Daihatsu kepada siswa SMK adalah soal disiplin. Kalau pekerja di pabrik tidak disiplin, kata dia, bagaimana mungkin mampu menyelesaikan sebuah mobil dalam 1,6 menit. “Semua mata rantai produksi dan penjualan harus disiplin, sehingga konsumen tidak merasa dikecewakan.”

Hal lain yang menjadi perhatian Daihatsu dalam program CSR, tuturnya, adalah memperbaiki sejumlah pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) untuk menunjang kesehatan masyarakat. “Banyak Puskesmas di Indonesia sudah tidak layak dan luput dari perhatian berbagai pihak. Daihatsu masuk memperbaiki langsung dan menyumbang sebagian peralatan yang diperlukan,” tuturnya.

Terakhir, kata dia, Daihatsu memedulikan pengembangan kura-kura yang mana enam dari tujuh species di dunia ditemukan di Indonesia. “Daihatsu membantu pengembangan telur kura-kura agar bisa berkembang biak dan tidak punah.”

Kenapa kura-kura? Menurut Amelia Tjandara, binatang tersebut terancam punah padahal kura-kura sangat cepat beradaptasi dengan lingkungan dan berkeliling dunia, namun ketika mau bertelur binatang tersebut kembali ke asalnya di Indonesia.

“Kami tidak menyebutkan nilai nominal angka dana yang sudah disalurkan, namun sudah banyak Puskesmas yang diperbaiki Daihatsu. Demikian juga lulusan SMK, sudah banyak yang siap pakai.”

Untuk mendapatkan Berita update hari ini kunjungi Berita Lampung

Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger