Selamat datang di Berita Lampung Online

Pilkada Maluku Barat Daya ( MBD) 2010

Monday, November 15, 20100 komentar

Pilkada Maluku Barat Daya ( MBD) 2010 : Kabupaten Maluku Barat Daya adalah sebuah kabupaten di Provinsi Maluku, Indonesia. Ibukotanya adalah Tiakur. Kabupaten ini dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2008 yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Maluku Tenggara Barat.

Pilkada Kabupaten Maluku Barat Daya MBD ini merupakan pesta demokrasi yang baru pertama kalinya pascapemekaran MBD dari Maluku Tenggara Barat selaku kabupaten induk pada 16 Desember 2008. Pemerintah Provinsi Maluku dan Kabupaten Maluku Barat Daya menyiapkan dana sebesar Rp15 miliar untuk menyukseskan pelaksanaan pemilihan kepala daerah Pilkada Maluku Barat Daya ( MBD)., anggaran sebesar Rp13 miliar dari APBD MBD, sedangkan Pemrov Maluku mengalokasikan Rp2 miliar.

seluruh tahapan pilkada yang pertama kalinya digelar sejak dimekarkan dari MTB itu, berjalan baik sesuai jadwal yang telah ditetapkan KPUD MBD, termasuk pendaftaran hingga penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati. KPUD Maluka Barat Daya telah menetapkan delapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati yang lolos mengikuti Pilkada Oktober mendatang berdasarkan surat keputusan Nomor 16 tanggal 20 September 2010.

Kandidat Calon Bupati dan Wakil Bupati Maluku Barat Daya ( MBD) 2010

Delapan pasangan calon ditetapkan KPUD setempat yakni pasangan, Jacob Patty-Anos Yermias, mendapat dukungan 13 partai politik, Melkias Frans-Yahya Oraplean yang mendapat dukungan Partai Demokrat, PPRN, Pakar Pangan, Yafet Damamain-Benyamin Noah (PDIP), Tomy Frangky Romihin-Marcelina Watruty (Barisan Nasional, PKN, Partai Demokrasi Pembaharuan, PDS).

Pasangan Barnabas Orno-Yohanes Letelay (PNI Marhainisme, PKPI), Karel Petrus Theodorus Jakobus-George Frans Letelay (Independen), Arnolis Laipeny-Simon Mose Mahury (Golkar) serta pasangan Septinus Hematang-Yosias Kabalmae dari Partai Demokrasi Pembaharuan.

KPUD Juga telah melakukan penarikan nomor urut, pada 21 September 2010, berikut Nomor Urut calon Bupati dan wakil bupati Maluku Barat Daya ( MBD ) Periode 2010 – 2015 ;

1. Pasangan calon Arnolis Laipeny-Simon Mahury
2. Pasangan Melkias Frans-Yahya Oraplaean
3. Pasangan Jacob Patty -Anos Yermias
4. Pasangan Barnabas Orno-Yohaneis
5. Pasangan Septinus Hematang-Yosias Kabelmae,
6. Pasangan Karel Petrus Jakobus-George Letelay
7. Pasangan Yafet Damamaen- Benyamin Noa
8. Pasangan Tony Romihin-Marcelina Watruty

Penyaluran logistik pilkada ke delapan kecamatan, yakni Kecamatan Moa Lakor (Mola), Damer, Mdona, Hyera, Pulau-Pulau Babar Timur, Wetar, Pulau Pulau Terselatan dan Leti, akan dilakukan secara optimal,, Jumlah Daftar Pemilih tetap DPT pemilih yang akan memberikan suara pada pilkada itu yakni sebanyak 41 ribu pemilih dari total penduduk sebanyak 74,295 jiwa.

Sebanyak 500 personel kepolisian siap mengamankan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Maluku Barat Daya pada 20 November 2010, Dari jumlah tersebut, 350 personel di antaranya merupakan anggota Polres Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) dan 150 polisi lainnya di Bawah Kendali Operasi (BKO) dari Polda Maluku.

Pemilukada, hasil pilkkada, pemenang pilkada, perolehan suara, Logo Kabupaten maluku Barat Daya
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger