Selamat datang di Berita Lampung Online

Jadwal Ujian Tes CPNS Sulawesi Selatan 10 Desember 2010

Saturday, November 20, 20100 komentar

Jadwal Ujian Tes CPNS Sulawesi Selatan 10 Desember 2010 ; Jadwal ujian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Diundur.Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel yang sebelumnya menetapkan ujian 6 Desember,kembali menjadwalkan pada 10 Desember. Pengunduran jadwal ujian tersebut dikarenakan pihak Universitas Indonesia (UI), sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang mengerjakan soal ujian CPNS Sulsel tidak dapat menyelesaikan pembuatan soal dari jadwal yang ditetapkan Pemprov Sulsel sebelumnya. ”Jadwalkan ujian kita mundurkan ke tanggal 10 Desember.

Alasannya karena pembuat soal CPNS (UI) belum bisa selesai pada tanggal 6 Desember, sehingga kita undur tanggal 10 Desember,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel Andi Murny Amien Situru,kemarin. Murni mengungkapkan, jadwal kelulusan seleksi CPNS 2010 di Sulsel tidak mengalami perubahan dan dipastikan tetap pada tanggal 20 Desember.

Ujian CPNS tersebut juga dipastikan serentak dilaksanakan di 24 kabupaten/ kota di Sulsel. Sementara itu, Pemprov Sulsel dan UI resmi bekerja sama dalam pelaksanaan penerimaan CPNS 2010 di Sulsel yang ditandai dengan penandatanganan memorandum off understanding (MoU) di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Gubernur Sulsel kemarin. Pihak pemprov diwakili oleh Sekretaris Pemprov Sulsel A Muallim, yang juga Ketua Panitia Penerimaan CPNS 2010. Sedangkan dari UI diwakilkan kepada Ketua Tim Penyusunan Soal CPNS UI Yudha Aliakbar.

Selain penandatanganan MoU, pihak UI juga menjelaskan secara teknis pembuatan soal CPNS kepada 23 BKD kabupaten/kota di Sulsel,kecuali Kota Makassar. Dalam pertemuan tertutup selama tiga jam tersebut, berlangsung sejak pukul 13.00 hingga pukul 16.00 Wita. Yudha Aliakbar, yang ditemui usai pembahasan soal CPNS, menyebutkan, pembuatan soal CPNS Sulsel rencananya akan dibuat di Jakarta dan akan dikirim ke Sulsel sebelum dimulainya ujian CPNS. Soal yang akan diikuti oleh pelamar menggunakan metode psikometrik.

”Soalnya itu dibidang tes kematangan dan psikometrik. Ini juga sudah masuk tes psikologi. Seperti apa soalnya, saya juga belum tahu karena ada tim penyusun kami di Jakarta. Jumlah soalnya itu 100 nomor dan belum ada permintaan dimasukkanya muatan lokal ke dalam soal dari panitia setempat,”aku Yudha Aliakbar. Menurut Yudha, sistem penilaian nantinya akan menggunakan sistem rangking berdasarkan dengan bidang masing-masing pelamar. ”Soal S1 dan S2 itu sama.D1,D2,dan SLTA sama.Nilainya nanti berdasarkan rangkingnya di bidangnya. Angkanya pun sangat berbeda tipis, karena kita menggunakan angka empat digit dibelakang koma,” pungkas pria berkacamata ini.

Saat disinggung mengenai jaminan ketidakbocoran soal-soal CPNS yang ditanganinya, dia mengaku UI tidak gampang diintervensi oleh pihak manapun dan menjamin soal buatannya tidak akan bocor. ”Silahkan saja awasi,jadi nanti kalau kita bekerja di dalam, silahkan pantau dari luar.Saya kira UI tidak semudah itu diintervensi,” tegas Yudha kepada wartawan. Sekadar diketahui,jumlah pendaftar CPNS 2010 yang masuk via PT Pos Indonesia Cabang Makassar hingga sore kemarin tercatat sebanyak 14.011 pelamar. Jumlah ini terdiri atas Pemkot Makassar sebanyak 5.824 dan pendaftar CPNS Pemprov Sulsel 8.187 pelamar.

Kepala Kantor Pos Makassar Basuki Artono mengungkapkan, jumlah tersebut berdasarkan dengan jumlah berkas yang setorkan ke BKD Pemkot Makassar dan Pemprov Sulsel hingga pukul 18.00 Wita kemarin. ”Kemungkinan jumlah total secara keseluruhan pendaftar CPNS baru bisa ketahui besok (hari ini)
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger