Selamat datang di Berita Lampung Online

Forum Persatuan Nasional (FPN) siap meleburkan diri menjadi satu kekuatan politik baru

Sunday, November 7, 20100 komentar

Forum Persatuan Nasional (FPN) siap meleburkan diri menjadi satu kekuatan politik baru ; Sebanyak 17 parpol yang pada periode 2009-2014 ini tidak memiliki wakil di parlemen karena tidak lolos ambang batas parlemen atau parliamentary threshold pada Pemilu 2009, mulai menyusun kekuatan guna menghadapi Pemilu 2014. Mereka yang tergabung dalam Forum Persatuan Nasional (FPN) ini menyiapkan salah satu opsi strategi berupa meleburkan diri menjadi satu kekuatan politik baru.

“Kalau melebur maka akan menjadi kekuatan politik baru. Bila nantinya melebur, maka FPN akan menyiapkan satu nama parpol baru untuk menjadi salah satu peserta pemilu 2014,” kata Sekretaris Jenderal FPN, Didi Supriyanto, di Jakarta, Rabu (3/11).
Menurutnya, berkaca pada hasil pemilu lalu, gabungan kekuatan 17 parpol yang ada diperkirakan bakal kompetitif nantinya. Hal tersebut mengingat raihan suara seluruh parpol menghasilkan kekuatan sebesar 13 persen.

Sekadar diketahui, 17 parpol yang tergabung dalam FPN adalah Partai Bulan Bintang, Partai Damai Sejahtera, Partai Bintang Reformasi, Partai Peduli Rakyat Nasional, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia, Partai Demokrasi Pembaruan, Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia, Partai Persatuan Daerah, Partai Patriot, Partai Nasional Banteng Kemerdekaan, Partai Pemuda Indonesia, partai Matahari Bangsa, Partai Pelopor, Partai Kasih Demokrasi Indonesia, Partai Indonesia Sejahtera, Partai Perjuangan Indonesia Baru, dan Partai Demokrasi Indonesia.

Didi mengungkapkan selain opsi meleburkan diri, FPN juga memiliki pilihan untuk membentuk konfederasi. Bila mengambil opsi konfederasi, kemungkinan yang ada adalah bergabung bersama parpol yang saat ini berada di parlemen. Sejauh ini, parpol yang tergabung dalam FPN sudah menjalin komunikasi intensif dengan Partai Amanat Nasional (PAN) terkait rencana penerapan konsep konfederasi. Bahkan, ada rencana pertemuan lanjutan antara FPN dan PAN dalam waktu dekat ini.

Sekretaris Fraksi PAN Teguh Juwarno mengakui ada nya pembahasan intens antara par tainya dan FPN untuk mematangkan konsep konfederasi. “Kami sudah dua sampai tiga kali pertemuan. Komunikasinya sudah cukup konstruktif,” tuturnya.
Teguh menginginkan agar ada ikatan yang matang di antara parpol-parpol yang tergabung dalam konfederasi
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger