Selamat datang di Berita Lampung Online

Formasi CPNS Polewali Mandar Polman 2010

Saturday, November 20, 20100 komentar

Formasi CPNS Polewali Mandar Polman 2010 ; Pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2010 di Kabupaten Polewali Mandar berlangsung ketat. Selain memenuhi persyaratan yang berlaku umum, para pelamar juga harus bersedia mengabdi minimal 10 tahun untuk tidak pindah ke daerah lain dengan alasan apapun. Terkait pendaftaran CPNS tersebut, permohonan atau pengesahan kartu tanda penduduk (KTP) juga ikut membeludak. Pendaftaran CPNS dimulai 19 November sampai 25 November mendatang. Kemudian ujian tertulis direncanakan 6 Desember (bukan 5 Desember, seperti diberitakan sebelumnya).

Pada 2010 ini, formasi CPNS Polman sebanyak 230 orang yang meliputi tenaga guru, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis. Ketentuan bersedia tidak pindah sebelum sampai 10 tahun setelah menjadi PNS dengan alasan apapun, merupakan persyaratan lokal.

Selama ini, tidak sedikit CPNS setelah lulus segera berusaha pindah ke daerah lain dengan berbagai alasan. Atau CPNS tenaga guru yang ditempatkan di daerah terpencil, berusaha pindah ke perkotaan.

Kesiapan tidak pindah sebelum 10 tahun mengabdi merupakan salah satu persyaratan CPNS yang dituangkan dalam surat pernyataan bermaterai Rp3.000. Surat pernyataan tersebut, menurut Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Polman, Natsir Rahmat diperlukan agar yang lulus menjadi CPNS tidak langsung berpikir pindah ke daerah lain.

Tidak sedikit CPNS langsung minta pindah. "Selama ini, tidak sedikit permohonan pindah dengan berbagai alasan, seperti mengikuti suami yang menjadi alasan utama PNS perempuan," jelas Natsir, sebagaimana dilaporkan kontributor Polman, M Danial, Jumat 19 November.

Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD) Polman, A Ismail AM menjelaskan pemerintah kabupaten (pemkab) melalui panitia penerimaan CPNS mengindarkan beban ke para pelamar. Surat permohonan atau lamaran yang ditulis tangan dengan tinta hitam ke bupat, tidak perlu dibubuhi materai.

Demikian pula fotokopi KTP yang disahkan Dinas Kependudukan Catatan Sipil juga tidak perlu disertai leges. "Dalam pendaftaran, tidak boleh terjadi pembebanan pelamar. Misalnya surat lamaran bermaterai atau KTP yang disahkan dengan leges. Kecuali, surat pernyataan CPNS tidak akan pindah sebelum 10 tahun, dilengkapi materai Rp3.000.

Alasannya surat pernyataan itu mengandung konsekuensi hukum," jelasnya seraya menyebutkan pendaftaran dan penyerahan berkas administrasi melalui kantor camat juga merupakan bentuk kemudahan pelamar.

Kepala Bidang Pencatatan Sipil Dinas KCS, Agusnia Sulur menyebutkan, permohonan dan pengesahan KTP membeludak sejak beberapa hari terakhir menjelang pendaftaran CPNS. Dinas KCS juga makin selektif melayani permohonan KTP, baik baru maupun penggantian. "Kalau tidak memenuhi persyaratan yang betul-betul dapat dipertanggungjawabkan, permohonan KTP baru atau penggantian tidak kami layani," jelasnya.

Penggantian KTP, kebanyakan untuk penyesuaian nama dengan ijazah dan akte kelahiran. Dinas KCS selama ini melayani permohonan KTP baru rata-rata 200 setiap hari menjadi 300-an sejak menjelang pendaftaran CPNS. Sedangkan pengesahan KTP meningkat 100 persen dari sebelumnya. (jai)

Formasi CPNS Polman 2010
I. Tenaga Guru
* Guru TK empat orang
* Guru SD Negeri 60 orang
* Guru SMP Negeri 25 orang
* Guru SMA Negeri satu orang
* Guru SMK Negeri 13 orang
II. Tenaga Kesehatan
1. Dokter umum lima orang
2. Dokter gigi lima orang
3. Administrator kesehatan satu orang
4. Nutrisionis satu orang
5. Perawat 32 orang, (S1 keperawatan empat orang dan DIII keperawatan 28 orang)
6. Bidan 18 orang
7. Asisten apoteker satu orang
8. Sanitarian satu orang
9. Pranata laboratorium kesehatan lima orang
III. Tenaga Teknis
1. Penyusun program & laporan enam orang
2. Analis tatapraja dua orang
3. Perancang hukum tiga orang
4. Penyuluh perindag empat orang (teknik mesin dua dan teknik industri dua orang)
5. Perencana antropologi satu orang
6. Penerjemah dua orang
7. Pengendali dampak lingkungan satu orang
8. Medik veternier satu orang
9. Auditor dua orang
10. Penyuluh kehutanan dua orang
11. Pengawas teknik jalan-jembatan dua orang
12. Pengawas teknik tata bangunan-perumahan dua orang
13. Pranata komputer lima orang
14. Penyuluh pertanian empat orang
15. Pemandu wisata satu orang
16. Pustakawan tiga orang
17. Pengadministrasian umum SLTA 14 orang
18. Operator komputer enam orang
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger