Selamat datang di Berita Lampung Online

Gempa bumi berkekuatan 5,5 skala richter Goyang Ujung Kulon dan Kota Palu

Sunday, October 3, 20100 komentar

Gempa bumi berkekuatan 5,5 skala richter Goyang Ujung Kulon dan Kota Palu : Gempa bumi berkekuatan 5,5 skala richter mengguncang Ujung Kulon, Banten sore ini. Gempa ini tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami. Seperti dilansir Situs Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut gempa terjadi pukul 15.21 WIB, Minggu, (3/10/2010). Pusat gempa berada pada 70 km barat daya Ujung Kulon dengan lokasi 6.38 LS-104.86 BT dengan kedalaman 30 kilometer.

Sebelumnya, Gempa tektonik berkekuatan 5,0 pada skala Richter (SR) Juga mengguncang Kota Palu, Sulawesi Tengah, Ahad (3/10) pukul 14.29 WITA. Pusat gempa sekitar 62 kilometer arah Timur Laut Kota Palu, tepatnya 0,86 Lintang Selatan dan 120,42 Bujur Timur.


Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam situsnya menyebutkan gempa yang tidak berpotensi tsunami itu, terjadi di kedalaman 20 kilometer. Sejumlah warga Kota Palu mengaku tidak merasakan getaran gempa. Apalagi, gempa hanya berlangsung tidak lebih dari lima detik. "Saya tidak merasakan gempa meski dari tadi saya berada di rumah," kata Erni, warga Palu Timur.

Hingga saat ini tidak dilaporkan mengenai kerusakan akibat gempa bumi tektonik itu. Kota Palu dan sejumlah wilayah di Provinsi Sulawesi Tengah sering dilanda gempa dengan kekuatan berkisar 4,00 SR hingga 5,00 SR. Wilayah ini terdapat sesar Palu Koro yang dikenal aktif
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger