Selamat datang di Berita Lampung Online

Fenomena Bukit Terbelah di Gorontalo

Saturday, October 2, 20100 komentar

Fenomena Bukit Terbelah di Gorontalo : Sebuah bukit di Kecamatan Boliyohuto, Gorontalo terbelah dengan lebar mencapai dua meter. Warga pun ketakutan, apalagi retakan bukit berada di atas perkebunan mereka. Retakan tanah ini terlihat di perkebunan seorang warga. Panjanganya nyaris 200 meter dengan lebar retakan mencapai 30 centimeter hingga dua meter, kedalamannya sekitar 2 meter, Senin (27/9).

Fenomena Tanah Terbelah membuat Sejumlah warga pesisir di Desa Tualaa, Kecamatan Boliyohuto, Kabupaten Gorontalo, dikejutkan oleh fenomena tanah yang terbelah di kampung mereka dengan meninggalkan rekahan menganga selebar lima sentimeter (cm) hingga 1,5 meter. Rekahan tersebut berkedalaman dua meter, dan terjadi pada sebidang kebun milik warga di dekat bibir Pantai Tualaa, demikian Antara melaporkan dari tempat kejadian, Selasa (28/9).

Menurut Dinas Kehutanan dan Pertambangan Gorontalo, retakan terjadi akibat kondisi tanah yang labil apabila diterjang hujan terus menerus.

Tanah di bukit baliyohuto ini mulai retak sejak sebelum Lebaran. Hingga kini retakan dilaporkan semakin melebar. Warga sekitar pun banyak yang penasaran dan mengunjungi lokasi bukit terbelah itu. Petugas kehutanan mengimbau agar masyarakat tidak mendekati lokasi kejadian lantaran berpotensi memperbesar retakan dan terjadinya longsor.
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger