Selamat datang di Berita Lampung Online

Pilkada Kabupaten Purworejo putaran Kedua Siap Digelar

Thursday, September 23, 20100 komentar

Pilkada Kabupaten Purworejo putaran Kedua Siap Digelar : Sesuai Keputusan KPU Purworejo No. 36/2010 tentang Rekapitulasi Hasil Pemungutan Suara Pilkada Purworejo 2010, pilkada putaran kedua dilangsungkan jika tidak ada satu pun pasangan calon yang memeroleh 30 persen dari suara sah. Kontestan putaran kedua adalah peraih peringkat pertama dan kedua dalam putaran pertama.

Setelah selesai melakukan pengecekan akhir, Kamis (23/9) logistik pilkada putaran kedua rencananya akan mulai didistribusikan. Kegiatan distribusi dilakukan menggunakan armada truk dan dikawal petugas kepolisian serta diawasi panitia pengawas pemilu (Panwaslu). Anggota KPU Divisi Logistik Agung Haribowo yang dimintai konfirmasi membenarkan hal itu. "Distribusi tahap awal kami fokuskan untuk daerah-daerah dengan medan berat, seperti di kawasan perbukitan Bruno," katanya.

Lebih lanjut diungkapkan Agung, semua logistik itu sudah dimasukkan dalam kotak suara yang dibungkus menggunakan plastik karena mengkhawatirkan hujan. Proses distribusi nantinya juga akan menggunakan truk yang dilengkapi terpal untuk menghindari guyuran hujan.

Surat suara, lanjutnya, sudah dicek satu per satu dan setelah lengkap dimasukkan ke dalam amplop, sedangkan logistik lain seperti bantalan, pulpen, spidol, gelang karet ditempatkan terpisah. Tanggal 24 September semua logistik sudah harus sampai Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan paling telat H-1 sudah harus sampai di Panitia Pemungutan Suara (PPS) di setiap desa.

Diungkapkan Agung, pendistribusian itu dilakukan setelah kegiatan pengecekan terakhir selesai, yang melibatkan PPK, Panwas, KPU dan diawasi aparat kepolisian. Cek akhir itu sangat penting dilakukan untuk meminimalisir kendala di lapangan. Pengecekan akhir juga untuk memastikan pemasangan segel. Segel sendiri ada 9 buah di dalam kotak suara dan enam di luar kotak termasuk digembok.

Pada bagian lain, Agung mengungkapkan, jumlah surat suara untuk pilkada putaran kedua disesuaikan dangan jumlah DPT dan tambahan 2.5 % cadangan totalnya 649.615 surat suara. Perinciannya jumlah DPT 633.806 dan 2.5 % cadangan dihitung per TPS.
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger