Selamat datang di Berita Lampung Online

Perpustakaan Terbesar Dunia Senilai Rp 200 M di Universitas Indonesia

Thursday, September 2, 20100 komentar

Perpustakaan Terbesar Dunia Senilai Rp 200 M di Universitas Indonesia ; Indonesia bakal memiliki perpustakaan termodern, terbesar dan terindah di dunia yang akan berlokasi Universitas Indonesia (UI) Depok di areal seluas 2,5 hektar. Awal 2011 nanti Universitas Indonesia (UI) akan segera memiliki perpustakaan terbesar di dunia. Perpustakaan itu disiapkan seluas 33.000 meter persegi dengan 6 juta jumlah buku.

"Rencana awalnya dibuka pada Desembar tahun ini, namun sepertinya masih kurang siap. Jadi, kami memutuskan pada awal tahun depan saja dan akan diresmikan oleh Presiden pada 2 Mei 2011 atau bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional," tutur Rektor UI Prof Gumilar Rusliwa Somantri di sela acara buka bersama dengan wartawan, Rabu (1/9/2010) malam di Jakarta.

Gumilar mengatakan, investasi untuk perpustakaan ini sebesar Rp 200 miliar. Dana tersebut berasal dari pemerintah dan sumbangan kalangan industri. "Perpustakaan ini dibangun dengan misi UI, yaitu smart education for smart society, " lanjut Gumilar.

Untuk itulah, lanjut dia, tidak hanya civitas akademika UI yang dapat memanfaatkan perpustakaan ini, tetapi juga masyarakat umum. Rencananya, pada tahun ajaran baru tahun depan UI akan membuat mata kuliah yang terbuka untuk umum. "Nantinya Ibu-ibu rumah tangga, anggota DPR, atau pensiunan juga bisa belajar," ujar Gumilar.

Adapun saat ini seluruh civitas Akademika UI meliputi 6.000 orang, di antaranya 3.000 dosen tetap, 47.000 mahasiswa, serta 2.000 karyawan.
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger