Selamat datang di Berita Lampung Online

Penghitungan Suara Sementara Pemilukada Manokwari

Thursday, September 2, 20100 komentar

Penghitungan Suara Sementara Pemilukada Manokwari ; Pemilukada kabupaten Manokwari Provinsi Papua Barat, yang berlangsung 1 September 2010 kemarin, dalam perhitungan suara sementara Kamis (2/9) ini, ternyata berlangsung ketat.

Pasangan dengan urut nomor 5 Nataniel Mandacan-Wempi Rengkung sementara memipin dengan bersaing ketat pasangannomor urut 1 Lazarus-Rahmat serta pasangan nomor 2 Bastian-Robert Hammar, diikuti dua pasangan lainnya Buney-Edi Waluyo dan pasangan nomor 3 Jon Warijo-Firman.

Perhitungan suara sampai Kamis ini masih berlangsung, dimana bagi pasangan yang mendapatkan suara 30% plus 1 akan memenangkan persaingan. JIka tidak maka akan ada babak kedua. Persaingan ketat terjadi pada Pemilukada (pemilihan umum kepala daerah) di Kabupaten Manokwari.

Berdasarkan hasil penghitungan suara di sejumlah TPS (tempat pemungutan suara) di wilayah Kota Manokwari dan sekitarnya,pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati (Cabup-Wabup) Drs Nathaniel Mandacan-Wempi Rengkung,SE unggul. Pasangan yang diusung Partai Golkar,Partai Demokrat,PDK dan PPI ini bersaing cukup ketat dengan dua kandidat lainnya, Lasarus Indow-Rachmat Sinamur dan Bastian Salabay-Roberth Hammar (Basaroh).

Bahkan di Distrik Manokwari Utara,seperti yang dilaporkan Yusak Bowansiba,Natan-Wempi unggul meraih 1.541 suara,kemudian diikuti pasangan Basaroh 890 suara,Lasarus Indow-Rachmat Sinamur 308, Yohan Warijo-Firman (Jofi) 69 suara dan Dominggus Buiney-Eddy Waluyo meraih 39 suara. Di Manokwari Utara ini terdapat 23 TPS.

Sedangkan untuk di wilayah perkotaan meliputi Distrik Manokwari Barat dan Manokwari Timur,perolehan kelima kandidat bersaing cukup ketat. Namun,pasangan Natan-Wempi lebih banyak unggul di beberapa TPS,diikuti Lasarus-Rahmat,Buiney-Eddy Waluyo dan Basaroh.

Dari 66 TPS di Distrik Manokwari Barat dan Manokwai Timur yang berhasil dihimpun Koran ini,pasangan Natan-Wempi unggul mutlak di TPS 23 Fanindi,Manokwari Barat dengan meraih 298 suara,sedangkan Lasarus-Rahmat meraih 8,Basaroh 23,Jofi meraih 3 dan pasangan Buiney-Waluyo meraih 6 suara. Natan-Wempi juga unggul di TPS 8 di kompleks pelabuhan, di beberapa TPS di Kelurahan Amban.

Pasangan Lasarus-Rachmat unggul di TPS 15,kompleks Borobudur,Kelurahan Padarni meraih 132 suara,diikuti Natan-Wempi 45,Buiney-Waluyo 45,Jofi 33 dan Basaroh hanya mengantongi 1 suara. Pasangan nomor urut 1 ini juga unggul di TPS 31 depan SMAN 1 meraih 126 suara, di TPS 9 Wosi meraih 231 suara, TPS 20 kompleks Kampung Jawa,Wosi serta sejumlah TPS.

Pasangan Buiney-Waluyo banyak meraih suara di sejumlah TPS di Kelurahan Wosi.Pasangan nomor urut 4 yang diusung,PDIP,PKS ini unggul di TPS 16 Kampung Bugis meraih 206 suara, di TPS Wosi,depan SD YPPGI meraih 91 suara.

Pasangan Basaroh unggul di TPS 7,Maruni meraih 114 suara,TPS 22,Sowi perolehan suara 263. Pasangan nomor urut 2 yang diusung Barnas ini unggul juga di sejumlah seperti TPS 2 Biryosi Kelurahan Sanggeng dengan raihan suara 122, di TPS 109 Anggora,Amban 210 suara,TPS 34 di Reremi Permain meraih 266 suara.

Sedangkan pasangan Jofi unggul di sejumlah TPS di Distrik Manokwari Timur temasuk di Pulau Mansinam. Pasangan nomor urut 3 ini unggul di TPS 1 Pasir Putih meraih 292 suara,TPS 7 di Pulau Mansinam 205s suara, TPS 2 Kwawi meraih 354 suara,TPS 8 di Pulau Lemon meraih 38 suara unggul atas 4 pasangan lainnya.

Berdasarkan penghitungan sementara yang dihimpun dari 66 TPS,pasangan Cabup-Wabup Natan-Wempi unggul 6.876 suara diikuti Lasarus-Rachmat 3.980,Basaroh 3.792,Jofi 2.525 dan Buiney-Waluyo mengantongi 2.238 suara. Perolehan suara ini hanya sampel dikumpulkan dari sejumlah TPS di Manokwari Barat,Manokwari Timur dan sebagian Manokwari Selatan.

Peta kekuatan masih akan berubah karena perolehan suara untuk distrik Prafi,Warmare,Masni,Oransbari,Ransiki,dan sejumlah distik di kawasan Pegunungan Arfak belum terhimpun. Demikian pula di Distrik Manokwari Barat yang jumlah pemilihnya paling besar,perolehan suaranya belum dihimpun semuanya
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger