Selamat datang di Berita Lampung Online

Bulog Lampung Impor Beras Dari Sulawesi Selatan

Thursday, September 23, 20100 komentar

Bulog Lampung Impor Beras Dari Sulawesi Selatan : Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional Lampung terpaksa kembali mendatangkan beras dari luar daerah. Bulog Lampung kesulitan menyerap beras lokal akibat minimnya panen di musim gaduh ini. Kepala Humas Bulog Divre Lampung, Edi Hanif, Kamis (23/9/2010) mengatakan, akhir pekan ini, Bulog Lampung berencana kembali mendatangkan beras dari Sulawesi Selatan sebanyak 5.500 ton.

"Beras hasil move in (kiriman) dari Sulsel ini untuk menambah kekurangan stok beras kami. Kondisi stok saat ini tidak cukup aman untuk penyaluran 11.000 ton beras (raskin) per bulan," ujarnya menjelaskan alasan Bulog mendatangkan beras dari Sulsel.

Sebelumnya, menjelang Lebaran lalu, Bulog Lampung telah mendatangkan 3.000 ton beras asal daerah yang sama. Menurut dia, akibat kondisi cuaca yang tidak menentu, panen di sejumlah daerah masih minim. "Musim panen gaduh saat ini stok beras di petani masih sangat minim. Tidak seperti musim panen raya. Kami pun jadi kesulitan membeli beras dari petani," ungkapnya.

Menurutnya, rata-rata harga jual gabah kualitas sedang di pasaran saat ini Rp 6.000. "Sementara, HPP (harga pokok pembelian) kami hanya Rp 5.060. Selisihnya sangatlah besar, petani lebih pilih jual ke pasar," tambah Edi.
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger