Selamat datang di Berita Lampung Online

Pohon Kelapa Bercabang Dua Pesantren Anwarul Huda Garut

Monday, August 2, 20100 komentar

Pohon Kelapa Bercabang Dua Pesantren Anwarul Huda Garut : Dua batang pohon kelapa tumbuh dari satu bibit muncul di pekarangan Pondok Pesantren (Pontren) Anwarul Huda di Kp. Limus Bunder Desa Mekargalih Kec. Tarogong Kidul Kab. Garut. Hal itu menimbulkan rasa penasaran santri dan masyarakat sekitar sehingga mereka berbondong-bondong untuk menyaksikan secara langsung.

Ketua II Kepengurusan Pontren Anwarul Huda, Memet (42), menyebutkan, pohon kelapa aneh tersebut merupakan pemberian salah seorang santri sekitar 1 tahun yang lalu. "Saat itu belum terlihat tanda keanehan pada bibit pohon. Setelah lama, ternyata ada dua batang yang tumbuh," ujarnya, ketika ditemui di lokasi, Selasa (3/8).
Tinggi pohon kelapa tersebut kini sekitar 1,2 m dengan usia 1,5 tahun. Lazimnya, sebutir bibit kelapa hanya akan tumbuh satu batang pohon. Namun anehnya, pada pohon kelapa yang ada di Pontren Anwarul Huda tersebut, dari satu bibit kelapa muncul dua batang pohon kelapa sehingga nantinya pohon kelapa ini akan bercabang.

"Munculnya batang yang berdampingan memang tidak lazim. Oleh sesepuh pontren, pohon kelapa tersebut kemudian dipindahkan ke pot dan kemudian dipindahkan ke pekarangan rumah," ujar Memet.

Seiring pertumbuhannya yang kian membesar, kemungkinan besar dalam waktu dekat pohon kelapa tersebut akan dipindahkan dan ditanam langsung di lahan yang berada di bagian samping pontren.

Hal senada diungkapkan santri lainnya, Nurdin (31). Meski pohon kelapa tersebut mempunyai keanehan, namun pihak pesantren sama sekali tidak menganggap hal itu sebagai sesuatu yang patut dibesar-besarkan. "Semua tak ada yang menganggap hal itu sesuatu hal yang luar biasa, kami sadar ini hanya sebuah fenomena alam yang wajar terjadi. Apalagi selama ini sesepuh pontren selalu mewanti-wanti kami agar tidak menganggap pohon tersebut sebagai sesuatu yang luar biasa, apalagi memperlakukannya secara tak wajar. Pohon ini akan dirawat seperti tanaman lainnya saja, tidak diistimewakan," tuturnya.
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger