Selamat datang di Berita Lampung Online

Peraih Indonesia Open Source Award 2010

Monday, August 2, 20100 komentar

Peraih Indonesia Open Source Award 2010 : Enam instansi pemerintah pusat berhasil memenangkan Indonesia Open Source Award 2010 di tengah rencana percepatan penerapan standar nasional Indonesia (SNI) untuk open document format di kalangan instansi.

enam instansi tersebut terdiri dari Kementerian Pertahanan, Sekretariat Negara, Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten), Kementerian Kehutanan, Kementerian Pendidikan Nasional, serta Kementerian Sosial.

Tahun ini Badan Standardisasi Nasinal akan memacu penetapan SNI untuk format dokumen terbuka yang nantinya akan diterapkan untuk dokumen utama instansi pemerintah, agar mudah diakses publik.

Dalam penganugerahan Indonesia Open Source Award 2010, Kementerian Pertahanan unggul a.l. dalam mengoptimalisasi anggaran dalam penggunaan open source software (OSS). Sekretariat Negara unggul dalam pengembangan aplikasi khusus untuk Sekretariat Negara, dan Bapeten berhasil karena memiliki kebijakan yang jelas, komitmen kuat, strategi dan implementasi yang baik.

Sementara itu, Kementerian Kehutanan dinilai sukses dalam pengembangan aplikasi khusus sistem informasi geografis (GIS), Kemdiknas sukses migrasi ke OSS di pusat dan infrastruktur jaringan, dan Kementerian Sosial berhasil mengembangkan aplikasi khusus tunanetra.

Sejumlah pemda juga meraih penghargaan karena inisiatifnya dalam mendayagunakan OSS, yaitu Pemda Jembrana Bali, Sragen Jawa Tengah, Aceh Tengah NAD, Balikpapan Kalimantan Timur, Bekasi Jawa Barat, Karanganyar Jawa Tengah, Klungkung Bali, Malang Jawa Timur, Pekalongan Jawa Tengah, dan Surabaya Jawa Timur.
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger