Selamat datang di Berita Lampung Online

Penemuan Situs Makam Islam Kuno di Kudus Jawa Tengah

Thursday, August 12, 20100 komentar

Penemuan Situs Makam Islam Kuno di Kudus Jawa Tengah ; Makam kuno yang diperkirakan berusia ribuan tahun ditemukan di Desa Loram Kulon, Kecamatan Jati, Kudus, Jawa Tengah, oleh Surahmat, 55 tahun, warga setempat penggali tanah, Rabu (11/8).

Penemuan ini bermula saat Surahmat dibantu rekannya, Turi, sedang mengeruk tanah di lahan kering untuk kepentingan membuat batu bata. Setelah pada kedalaman dua meter, ia menemukan kuburan kuno. “Sudah ada lima kuburan yang berhasil kami temukan,” kata Surahmat, Kamis (12/8).

Panjang kuburan itu masing-masing berukuran 1,5 x 2 meter, terbuat dari batu bata berbentuk kerucut. “Semula saya mengira bongkahan batu bata itu hanya bata biasa,” ujar Surahmat. Akhirnya, Surahmat menghentikan penggalian itu, dan melaporkan kepada kepala desa setempat.

“Kami belum dapat memastikan tentang keberadaan situs makam kuno itu,” kata Sancaka Dwi Supani, Kepala Seksi Sejarah Museum Kepurbakalaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kudus. “Melihat ciri-cirinya, kami perkirakan makam itu peninggalan abad 15,” kata Sancaka.

Makam ini, kata Sancaka, merupakan peninggalan sejarah Islam. Selain dari tumpukan batu batanya, model pengukubarannya dihadapkan ke barat atau arah kiblat.

Untuk kepastian apakah makam ini termasuk situs sejarah, kata Sancaka, pihaknya akan minta bantuan Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Jawa Tengah untuk diteliti. “Karena temuan itu termasuk benda cagar budaya,” kata Sancaka.
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger