Selamat datang di Berita Lampung Online

Katak Paling Kecil sedunia Microhyla Nepenthicola

Sunday, August 29, 20100 komentar

Katak Paling Kecil sedunia Microhyla Nepenthicola ; Bisa jadi ini adalah .katak paling kecil se dunia Ukurannya hanya sebesar kacang polong. Katak ini ditemukan para ilmuwan di Pulau Kalimantan, belum lama ini. Katak jantan dewasa ini mempunyai ukuran tubuh dari 10,6 sampai 12,8 milimeter.

Menurut Majalah Zootaxa, binatang ampibi sebesar kacang polong ini dinamai Microhyla nepenthicola setelah ditemukan di hutan Kalimantan. Dr Indraneil Das dari Institut Keanekaragaman Hayati dan Konservasi Lingkungan di Universitas Malaysia Sarawak mengatakan bahwa sub-spesies ini awalnya tidak identifikasi.

"Para ilmuwan mungkin mengira mereka spesies yang masih muda, tapi ternyata mereka sudah dewasa yang merupakan spesies mikro," katanya.

Das mengumumkannya di koran dengan Alexander Haas dari Museum Biologi Grindel Biozentrum, Hamburg, Jerman. Kodok mini itu ditemukan di tepi jalan menuju puncak gunung Serapi Kubah Gunung di Taman Nasional, di negara bagian Sarawak, Malaysia.

Penemuan ini atas usaha Conservation International dan International Union untuk Kelompok Konservasi Alam Spesialis Amfibi yang bertujuan menemukan kembali 100 spesies amfibi hilang
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger