Selamat datang di Berita Lampung Online

Cara Menata Ruangan Rumah Menjelang Lebaran Hari Raya Idul Fitri

Tuesday, August 24, 20101komentar

Cara Menata Ruangan Rumah Menjelang Lebaran Hari Raya Idul Fitri : Menjelang Hari Raya Idul Fitri dan Natal, tidak ada salahnya Anda membenahi rumah. Ruang tamu Anda mungkin perlu 'direnovasi' karena di tempat inilah Anda akan menjamu tamu di hari kemenangan. Tak perlu merombaknya, cukup memberikan sentuhan baru di ruang tamu agar gayanya tak sama dari tahun ke tahun.

Setiap rumah - tergantung pada tipe jenis rumahnya - dapat menampilkan ruang tamu yang berbeda pula. Untuk rumah yang bergaya Amerika misalnya, nuansa krem sangat kental teras. Di ruang tamu ini, American style bisa diciptakan dengan menghadirkan sofa coklat muda polos dipadu dengan sofa bermotif bunga warna senada. Cat dinding juga harus berwarna krem hingga membuat ruangan terkesan hangat.

Di kanan dan kiri sofa, beri standing light (lampu berdiri) dengan lukisan tergantung di dindingnya. Pencahanyaan ruang ini pun didimoniasi oleh lampu gantung yang klasik di tengah ruang yang memadukan antara unsur besi yang berbentuk batang daun dengan penutup lampu berwarna putih bersih. Pada ruang tamu ini diberikan juga pembatas ruang dengan warna emas dan coklat muda.

Ruang tamu semi klasik dapat dihadirkan dengan nuansa hijau lemon yang diisi sofa tiga dudukan berpadu dengan single chair (sofa satu dudukan) linen berwarna broken white. Coffee table bulat dari bahan pewter atau sejenis alumunium hitam dan kayu mahoni akan melengkapi penataan dalam ruang. Wujudkan unsur itu sebagai lemari berlaci panjang untuk menaruh koleksi barang Anda. Di kedua sisi sofa tiga dudukan diberikan lampu sudut. Kesan country living yang hangat dapat juga dihadirkan lewat penggunaan lantai dari parket (kayu) dan karpet kulit sapi yang dihamparkan di bawah coffee table.

Ruang tamu gaya oriental seperti budaya masyarakat China sangat akrab dengan penggunaan warna merah, kuning emas, dan hitam di setiap ruang rumah. Untuk itu tidak heran bila ruang tamu gaya oriental menhadirkan kekhasannya melalui lukisan dinding bertulisan China di atas kanvas berwana merah.

Sofa tiga dudukan berwarna hitam dengan aksen merah pada bantal, dipadankan dengan sofa satu dudukan berwana emas. Di antara sofa tersebut letakkan lampu warna merah dengan rangkaian bunga artifisial. Cat dinding juga dipulas dengan warna kuning pastel.

Ruang tamu dengan sentuhan gaya modern sangat cocok bagi Anda yang menginginkan ruang tamu yang simpel dan bersih. Anda dapat membeli perabotan yang bergaris desain modern dengan seminim mungkin pernik. Sofa berwarna broken white, dinding berwarna krem senada dengan lantainya, coffee table berwarna coklat dipadukan dengan warna krem. Untuk memberikan kesan segar, berikan sentuhan hijau yang dihadirkan lewat tanaman dalam pot yang diletakkan di sudut meja. Seperti gaya modern lainnya, semua furnitur yang ada di ruang harus memiliki fungsi. (Lihat contoh Gambar Diatas)

Agar tak bingung menentukan gaya ruang tamu Anda, berikut tips singkat menata ruang tamu. Pertama, ruang tamu diusahakan tidak memakan luas lahan yang banyak dari keseluruhan lahan rumah anda. Ini karena ruang tamu sebenarnya jarang digunakan sehingga tidak perlu terlalu besar. Untuk itu perabotannya pun lebih baik yang fungsional saja seperti sofa dan single chair. Sebagaimana fungsinya untuk menerima tamu, ciptakan kesan hangat dan kekeluargaan, yakni dengan mengaplikasikan warna ringan. Gunakan pencahayaan yang juga hangat untuk memberikan kesan ramah. Bila memungkinkan lebih baik lagi jika bisa memasimalkan cahaya alami dengan membuat bukaan atau jendela yang besar.
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

February 23, 2011 at 12:28 AM

Memang sangat perlu ya menata Rumah n tipsnya perlu dipraktekan nih kalo menjelang hari raya,kita tunggu tips2 lainnya sob...Thanks

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger