Selamat datang di Berita Lampung Online

Tingkat Partisipasi Pemilih Pilkada Purworejo 60 Persen

Saturday, July 31, 20100 komentar

Tingkat Partisipasi Pemilih Pilkada Purworejo 60 Persen : Hasil survei dan riset yang dilakukan lembaga pemantau Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) di sepuluh kecamatan diperoleh data bahwa partisipasi pemilih masih kurang dari 70 % atau dalam kisaran 60 %. Koordinator Kabupaten (Korkab) JPPR Kabupaten Purworejo Ambaryani dalam konferensi persnya menyebutkan, survei itu dilakukan di sepuluh dari 16 kecamatan yang ada. JPPR mengambil sampel 265 TPS atau sekitar 25 % dari total TPS sebanyak 1.565 TPS.

Lokasi riset pemantauan itu di Kecamatan Bener, Banyuurip, Purworejo, Bagelen, Purwodadi, Butuh, Pituruh, Kemiri, Kutoarjo dan Grabag. Hasilnya tingkat partisipasi pemilih dalam Pilkada berkisar antara 58%-66%.

"Partisipasi tertinggi hanya mencapai 66% dari DPT di Kecamatan Banyuurip, sedangkan tingkat partisipasi terendah di Kecamatan Bener, yakni 58%. Di kebanyakan kecamatan, tingkat partisipasi pemilih sekitar 64%," terangnya.

Disebutkan, dalam pelaksanaan Pilkada tadi ditemukan sejumlah pelanggaran. Antara lain yang paling mencolok adalah praktik politik uang. "Kami menemukan adanya pembagian uang di wilayah Kecamatan Purwodadi malam menjelang pencoblosan dan pada saat pencoblosan. Pelanggaran lainnya adalah masih terpasangnya alat peraga kampanye pada hari H pemungutan suara," tandasnya.
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger