Selamat datang di Berita Lampung Online

Hasil Penilaian Makalah Dadakan Calon Anggota KPK

Tuesday, July 27, 20100 komentar

Penilaian Makalah Dadakan Calon Anggota KPK : Sebanyak 144 orang bakal calon ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang lulus tahap pertama akan diuji untuk membuat makalah secara langsung di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Jakarta, Rabu (28/7).

Berdasarkan informasi dari Sekretaris Panitia Seleksi Pimpinan KPK, Achmad Ubbe, di Jakarta, Rabu, pembuatan makalah tersebut akan dilaksanakan selama empat jam hingga sekitar pukul 13.00 WIB.

Sebelumnya, Menteri Hukum dan HAM, Patrialis Akbar telah mengumumkan, para bakal calon oleh Pansel KPK diminta membuat dua makalah sebagai salah satu persyaratan untuk lulus ke tahap berikutnya.

"Seluruh peserta yang lulus seleksi administrasi berhak untuk mengikuti seleksi selanjutnya yaitu penulisan makalah," kata Patrialis Akbar, di Gedung Kemenkumham, Jakarta, 27 Juni 2010. Menkumham memaparkan, dua makalah itu meliputi makalah kepribadian (personal paper) dan makalah kompetensi.

12 Akademisi 'Rahasia' Uji Makalah Dadakan Calon Pimpinan KPK

Akademisi didapuk untuk menguji makalah yang dibuat para calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Untuk menghindari 'kongkalikong', identitas keduabelas akademisi itu dirahasiakan. "Penguji akademisi ini tidak boleh disebutkan dari mana, kita khawatir ada yang mendatangi kalau disebutkan," kata Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar.

Hal itu disampaikan Patrialis di lokasi tes pimpinan KPK, Gedung Kemenkum HAM, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta, Rabu (28/7/2010).

Selain itu, makalah yang dibuat oleh masing-masing calon pimpinan KPK tidak diberi nama. Identitas calon diganti dengan nomor saja. Hal itu agar tim penguji tidak mengetahui siapa yang membuat makalah tersebut. "Makalah dinilai dengan anonim diganti nomor," kata Patrialis.

Patrialis mengatakan, sebelum pengujian, tim akan bertemu untuk menentukan pola penilaian. "Sebentar lagi kita adakan pertemuan soal pola penilaian," katanya. Hasil penilaian akan diumumkan 31 Juli.

Sejumlah nama beken mengikuti tes seleksi pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tahap pertama. Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Jimly Ashidiqie dan mantan Ketua Komisi Yudisial (KY) tampak di antara 131 calon yang telah datang. Tes dimulai pukul 09.30 WIB. Para calon diberi waktu hingga pukul 13.00 WIB.
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger