Selamat datang di Berita Lampung Online

Ternyata Sabun Indonesia Paling Laris di Ethiopia

Friday, June 4, 20100 komentar

Berita Lampung Ternyata Sabun Indonesia Paling Laris di Ethiopia ; Indonesia pantas diakui sebagai salah satu produsen sabun terbaik di dunia. Buktinya, sabun buatan anak negeri ini laku keras di pasaran benua Afrika. Bahkan, sabun Indonesia paling laku di Ethiopia dengan menguasai pangsa pasar sebesar 36,1 persen.

Sabun dan produk pembersih itu sangat diminati negara-negara di benua hitam tersebut. Selain Ethiopia, Wakil Menteri Perdagangan, Mahendra Siregar, mengatakan negara Afrika lainnya yang berpeluang besar untuk pengembangan pasaran produk itu antara lain di Tanzania, Mozambik, dan Senegal. ''Mungkin ada daya tarik khusus dan ini perlu didorong,'' ujarnya di Jakarta, Jumat (4/6).

Berdasarkan data UNCOMTRADE tahun 2009, pangsa pasar ekspor sabun Indonesia di ketiga negara itu masing-masing sebesar 5,5 persen, 8,2 persen, dan 9,6 persen. Berdasarkan data BPS, ekspor sabun dan produk pembersih lainnya selama Januari-April 2010 mencapai nilai 212,46 juta dolar AS, naik 21,52 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Selain dengan negara-negara Afrika, sabun dan produk pembersih Indonesia pangsa pasarnya cukup besar di Malaysia, mencapai 16,8 persen. Tujuan ekspor sabun dan produk pembersih Indonesia pada 2009 semakin luas, yaitu ke 180 negara, sedangkan pada 2005 ekspornya ditujukan ke 175 negara saja.
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger