Selamat datang di Berita Lampung Online

Pilkada Pekalongan Dua Perusahaan Libur Pada Hari Pencoblosan

Thursday, June 10, 20100 komentar

Pilkada Pekalongan Dua Perusahaan Libur Pada Hari Pencoblosan: Dua perusahaan di Kota Pekalongan meliburkan karyawannya pada hari pencoblosan pemilihan wali kota dan wakil wali kota Pekalongan, Rabu 16 Juni mendatang. Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (dinsosnakertrans) menyosialisasikan keputusan gubernur Jawa Tengah nomor 131/24/2010 tentang penetapan hari Rabu 16 Juni 2010 sebagai hari libur di aula kantor Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek), Rabu (9/6).

Dari 14 perusahaan yang hadir, hanya Apotek Ibu kota dan PT. Multi Karya Citra Manunggal (MKCM) yang menyatakan meliburkan karyawannya pada hari pencoblosan itu. Sepuluh perusahaan menyatakan tidak libur dan tetap menjalankan aktivitas seperti hari-hari biasa. Sedangkan dua perusahaan lainnya masih menunggu kebijakan pimpinan perusahaan.

Kabid Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial (Hubin Jamsos) Dinsosnakertrans Kisworo Poso menjelaskan, pengusaha dapat mempekerjakan karyawan atau buruh pada hari libur resmi. Hal ini sesuai pasal 85 Undang-undang nomor 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan.

“Pengusaha dapat mempekerjakan karyawan atau buruh pada hari libur resmi untuk pekerjaan yang menurut jenis dan sifatnya harus dilaksanakan dan dijalankan secara terus menerus,” terangnya.

Disebutkan, ada sebelas bidang pekerjaan yang bisa operasional meskipun hari itu adalah hari yang diliburkan. Antara lain pelayanan jasa kesehatan, bidang pelayanan jasa dan transportasi, pariwisata, penyedia tenaga listrik, jaringan pelayanan air bersih, penyedia bahan bakar minyak (BBM) dan gas serta usaha swalayan atau pusat perbelanjaan. Pengusaha yang mempekerjakan karyawan pada hari libur resmi wajib membayar upah.

Menurut Zaenal Arifin, perwakilan dari Apotek Ibu Kota, karyawan Apotek Ibu Kota menginginkan libur setelah pencoblosan. “Kebanyakan karyawan ingin libur setelah mencoblos,” terangnya. Ada sepuluh karyawan yang bekerja di Apotek Ibu Kota.

Sementara itu, meskipun tidak meliburkan karyawan pada hari pencoblosan, sejumlah perusahaan tetap komit untuk menyukseskan pelaksanaan pilwalkot Pekalongan 16 Juni mendatang.

“Kalaupun tidak diliburkan, kami tetap memberikan kesempatan kepada karyawan untuk menyalurkan suara mereka. Untuk teller misalnya, bisa bergilir saat bertugas,” ujar Sekretaris Bank Mega Cabang Kota Pekalongan Teguh Sasejo.
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger