Selamat datang di Berita Lampung Online

Pengamanan Pilkada Sumenep 9.017 petugas diterjunkan

Wednesday, June 9, 20100 komentar

Berita Lampung Pengamanan Pilkada Sumenep 9.017 petugas diterjunkan : Sebanyak 9.017 petugas akan diterjunkan guna mengamankan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, pada 14 Juni mendatang. Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Polwil Madura AKBP Abdul Mukti di Pamekasan, Selasa (8/6/2010), menjelaskan, jumlah personel yang akan diterjunkan itu masing-masing sebanyak 142 anggota Polri, 245 TNI dan 8.630 Linmas.

“Personel keamanan ini akan kami terjunkan empat hari sebelum pelaksanaan pemilihan, khususnya mereka yang bertugas di daerah kepulauan,” kata Abdul Mukti.

Selain itu, Polwil Madura juga mempersiapkan sebanyak dua kompi pasukan Brimob bersenjata lengkap, dan sebanyak 100 personel polisi siaga (siap on call) di masing-masing Polres jajaran di Madura. Polisi, kata Abdul Mukti akan melakukan tiga pola pengamanan, yakni pola pengamanan “1-1-2″, “1-2-4″ dan pola “1-3-6″.

Pola pengamanan “1-1-2″ dimaksudkan, satu orang polisi akan mengamankan satu tempat pengumutan suara (TPS dan akan dibantu sebanyak dua personel Linmas. Pola “1-2-4″ dimaksudkan, satu orang personel polisi akan mengamankan sebanyak dua TPS dan dibantu empat orang personel Linmas.

Sedangkan pola pengamanan “1-3-6″, yakni satu orang personel polisi, akan mengamankan sebanyak tiga TPS dan akan dibantu oleh enam personel Linmas. “Pola yang pertama ini untuk TPS yang dianggap rawan, sedangkan pola yang kedua, kategori TPS agak rawan dan pola ketiga untuk TPS yang aman,” terang Abdul Mukti.

Lebih lanjut dia menjelaskan, jumlah personel yang akan diterjunkan itu kemungkinan bisa bertambah, sesuai dengan perkembangan situasi dan kondisi di lapangan. Namun menurut Abdul Mukti, hingga saat ini, kondisi di wilayah Kabupaten Sumenep masih tergolong aman dan kondusif.

Pilkada di Kabupaten Sumenep pada 14 Juni mendatang akan digelar di 2.128 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 332 desa/kelurahan pada 27 kecamatan, dengan jumlah hak pilih sebanyak 884.471 orang.
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger