Selamat datang di Berita Lampung Online

Lembaga survei Jangan Pengaruhi Psikologis Masyarakat

Tuesday, June 1, 20100 komentar

Berita Lampung Lembaga survei Jangan Pengaruhi Psikologis Masyarakat ; Panitia Pengawas Pemilu Kepala Daerah Kota Surabaya meminta lembaga yang akan melakukan penghitungan cepat hasil Pemilukada Surabaya pada Rabu besok tidak mempengaruhi psikologis pemilih.

Mereka diharapkan merilis hasil quick count pada sore hari atau setelah semua tempat pemungutan suara selesai menghitung surat suara. "Kalau diumumkan pemenangnya, sementara penghitungan masih berjalan, kami khawatir akan mempengaruhi psikologis masyarakat," kata anggota Panwas Kota Surabaya, Andreas Pardede, Selasa (1/6)

Andreas juga meminta agar lembaga-lembaga survei tersebut tidak keburu menyampaikan prediksinya sebelum pencoblosan. Sebab, kata Andreas, pengumuman semacam itu dapat menggiring pemilih untuk mencoblos pasangan tertentu. "Itu sudah kategori kampanye, bisa dipidana," ujar Andreas.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya belum tahu ada berapa lembaga yang akan melakukan penghitungan cepat pada Rabu besok. Ketua KPU Kota Surabaya, Eko Sasmito, menyatakan belum menerima satu pun permohonan dari lembaga survei. "Saya belum baca satu pun permohohan dari lembaga survei," kata Eko.

Menurut juru bicara KPU Kota Surabaya, Petrus Haryanto, memang tidak ada keharusan meminta izin bagi lembaga yang hendak menyelenggarakan quick count. "KPU tidak perlu memberikan ijin serta tidak berhak melarang," ujar Petrus.
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger