Selamat datang di Berita Lampung Online

Hasil Quik Count Pilkada Enam Kabupaten/kota Satu Putaran

Wednesday, June 30, 20101komentar

Berita Lampung Hasil Quik Count Pilkada Enam Kabupaten/kota Satu Putaran ; Pilkada enam kabupaten/kota yang digelar kemarin diprediksi hanya berlangsung dalam satu putaran. Sebab, masing-masing daerah ada pasangan calon yang mampu meraup suara lebih dari 30 persen. Bahkan di Lampung Timur, pasangan Satono-Erwin Arifin menang telak dengan perolehan suara 49,87 persen.

Merujuk hasil penghitungan cepat yang dilakukan sejumlah lembaga survei, pasangan pemenang lainya adalah Rycko Menoza S.Z.P.-Eki Setyanto menang di Lampung Selatan. Pasangan Bustami Zainudin-Raden Nasution menang di Waykanan; Lukman Hakim-Saleh Chandra menang di Metro; dan Aries Sandi D.P.-Musiran menang di Pesawaran.

Khusus di Bandarlampung, dari tiga lembaga survei, yakni Jaringan Survei Lampung (JSL), Rakata Institute, dan Lembaga Independen Survei (LIS), masing-masing mengeluarkan hasil berbeda. JSL memenangkan pasangan Eddy Sutrisno-Hantoni Hasan dengan perolehan suara 33,4 persen. Sementara Rakata Institute memenangkan Herman H.N.-Tobroni Harun (Mantab) dengan 34,67 persen dan LIS memenangkan Kherlani-M.W. Heru Sambodo (Khado) dengan 41,28 persen.

Sekretaris Eksekutif JSL Hamdani menerangkan, penghitungan cepat dilakukan dengan sampel 125 TPS dan baru selesai direkapitulasi pukul 22.45 WIB tadi malam. Survei dilakukan dengan menyebar tim untuk mendapatkan data-data perolehan suara di tempat pemungutan suara (TPS).

’’Berdasarkan hasil quick count tersebut, pilkada hanya dilakukan satu putaran. Penghitungan ini kami lakukan dengan margin of error 1,2 persen, maka angka ini diperkirakan tidak akan berbeda jauh dengan penghitungan manual yang akan diselenggarakan oleh KPU Bandarlampung,” ujar Hamdani di Graha Pena Lampung tadi malam.

Sementara, Direktur Eksekutif LIS Erwin Syahrir mengatakan bahwa lembaganya melakukan penghitungan cepat dengan sampel 350 dari total 1.450 TPS. Hasilnya, Khado menang dalam satu putaran dengan 41,28 persen dan unggul di 144 TPS.

Posisi kedua diisi Mantab dengan 27,55 persen yang unggul di 96 TPS. Sedangkan pasangan Esha 26,19 persen yang unggul di 91 TPS. Dari penghitungan cepat, tingkat partisipasi masyarakat 69 persen. ’’Penghitungan cepat ini menggunakan tingkat kepercayaan 95 persen dan sampling error plus minus 5 persen,” ujar Erwin dalam rilisnya kepada Radar Lampung tadi malam.

Direktur Eksekutif Rakata Institute Eko Kuswanto mengatakan bahwa hasil penghitungan cepat menunjukkan pasangan Mantab mendapat suara terbanyak. Secara statistik, pasangan ini unggul mutlak atas pasangan kandidat lainnya.

’’Dengan demikian, diprediksi pasangan Mantab memenangkan Pilkada Bandarlampung 2010 dalam satu putaran,” ujar Eko saat menggelar konferensi pers usai melakukan penghitungan cepat di Hotel Bukit Randu kemarin. Quick count juga bekerja sama dengan Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Intan Lampung.

Eko menjelaskan, Mantab disusul pasangan Khado yang memperoleh 29,71 persen atau dengan jarak perolehan suara lebih dari empat persen. Sedangkan pasangan Esha mendapatkan 27,77 persen.

Quick count ini juga menggunakan toleransi kesalahan atau margin of error sekitar dua persen pada tingkat kepercayaan 99 persen. ’’Jadi, jika perbedaan antara Mantab dan Khado mencapai empat persen, Khado tidak akan dapat menyalip Mantab,” ujar dosen Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Intan Lampung ini.

Quik Count Pilkada Lampung Timur
Pada Pilkada Lamtim, Satono-Erwin menang mutlak dengan 49,87 persen suara dari penghitungan cepat Rakata Institute. Perolehan suara diikuti Yusran-Bambang Iman Santoso dengan 32,41 persen, Noverisman Subing-Soemarno dengan 11,51 persen, dan Citra Persada-Yuliansyah 6,21 persen.

’’Quick count dilaksanakan dengan memilih 101 TPS yang tersebar secara proporsional di setiap kecamatan. Sampel TPS dipilih dengan menggunakan metode stratified random sampling,” ujar Eko.

Kemenangan Satono-Erwin juga terlihat dari hasil Desk Pilkada Kantor Kesbangpollinmas Lamtim hingga pukul 20.00 WIB tadi malam. Instansi ini mencatat Satono-Erwin mampu memperoleh 47,42 persen dari suara sah. Perolehan suara terbanyak kedua ditempati pasangan Yusran-Bambang dengan 34,11 persen, Noverisman-Soemarno 12,13 persen, dan Citra-Yuliansyah 6 persen.

Pilkada Kota Metro
Perolehan suara secara mutlak juga didapat pasangan Lukman-Saleh pada Pilkada Metro. Berdasarkan versi Badan Kesbangpollinmas Metro, pasangan ini memperoleh 43,63 persen, diikuti Abdul Haris-Hi. Juhri A.M. 14,02 persen, dan Djohan-Herno 42,36 persen.

Sekretariat Rumah Lukman Hakim juga mencatat perolehan suara serupa. Pasangan Lukman-Saleh mendapatkan 42,8 persen, Haris-Juhri 14,01 persen, dan Djohan-Herno 42,2 persen.

Begitu juga dengan perolehan suara versi Tim Koalisi Sembilan Bersatu, di mana pasangan Lukman-Saleh mendapatkan 43,47 persen, Haris-Juhri 12,93 persen, dan Djohan-Herno 43,61 persen.

Pemillukada Lampung Selatan
Sementara itu, Pilkada Lamsel dimenangkan Rycko-Eki berdasarkan penghitungan cepat Rakata dan JSI. Pasangan Wendy Melfa-Antoni Imam harus puas ada di posisi dua dengan perolehan suara yang beda tipis. Kemudian diikuti pasangan Zainudin Hasan-Ikang Fawzi.

Rycko-Eki mendapatkan 33,16 persen suara dari Rakata dan 35,11 persen dari JSI. Sedangkan Wendy-Antoni mendapatkan 29,50 persen dari Rakata dan 27,07 persen dari JSI. Lalu, Zainudin-Ikang mendapatkan 25,37 dari Rakata dan 26,62 persen dari JSI (lihat grafis).

’’Dari hasil quick count Pilkada Lamsel, tingkat partisipasinya adalah 67,81 persen,” ujar Eko.

Pilkada Kabupaten Pesawaran
Sedangkan pada Pilkada Pesawaran, pasangan Aries Sandi D.P.-Musiran juga menang satu putaran dengan perolehan suara 31,07 persen jika tidak terdapat kesalahan toleransi berdasarkan survei Rakata. Kemudian diikuti pasangan M. Nasir-Arofah dengan 26,68 persen dan Pattimura-Johan Sulaiman dengan 16,10 persen (selengkapnya lihat grafis).

’’Dengan toleransi kesalahan sekitar satu persen, maka Aries-Musiran sebenarnya belum aman untuk menang dalam satu putaran,” pungkas Eko.

Penghitungan cepat yang dilakukan Kesbanglinmas Pesawaran, pasangan Aries Sandi D.P.-Musiran (Arisan) unggul dan menang satu putaran. Arisan meraup 30,42 persen dengan jumlah 62.411 suara dari mata pilih 205.100 suara.

Menurut Kepala Kesbanglinmas Pesawaran Romudin Adam, diketahui bahwa tingkat partisipasi masyarakat hanya sebesar 70,65%. Merujuk quick count tersebut, Pilkda Pesawaran juga hanya berlangsung satu kali putaran. Mengingat, salah satu kandidat berhasil mendapatkan suara lebih dari 30 persen.

Perolehan suara versi Kesbanglinmas berdasarkan secara berurutan nomor urut 1 Nasir-Arofah 56.495 (27,55%), Dimyadi Roni-Sachrudji 12.920 (6,30%), Badaruddin-Yusuf Purba 9.120 sauara (4,45%), Pattimura-Johan Sulaiman 30.414 suara (14,83%), Firman Rusli-Badarudin Utih 10.600 suara (5,17%), Aries Sandi D.P.-Musiran 62.411 suara (30,43%), dan Sutrisno Yuwono-Andika Wibawa 23.140 suara (11,28%).

Hasil Quik Cout Pilkada Way Kanan
Desk Pilkada Pemkab Waykanan merilis pasangan Bustami Zainudin-Raden Nasution unggul dan menang satu putaran. Pasangan Bustami–Raden berhasil mengantongi perolehan suara 36,67% yang mengungguli empat pasang kandidat lainnya
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

June 30, 2010 at 10:37 PM

Rasanya Zainudin Hasan dan Ikang Fawzi dari Pilkada Lampung Selatan dinomor urut 2 deh karena Wendy Melva jablog disemua tempat. Itupun Rycko masih bermasalah dengan dugaan kertas suara palsunya seperti dugaan kecurangan Pilkada Banten 2006 lalu Bro!

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger