Selamat datang di Berita Lampung Online

Gempa Bumi 7,2 skala Richter di Meulaboh berpotensi Tsunami

Sunday, May 9, 20101komentar

Berita LampungGempa Bumi 7,2 skala Richter di Meulaboh berpotensi Tsunami ; Menurut laman Badan Meterorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa ini berpotensi tsunami. Gempa dengan kekuatan 7,2 skala Richter mengguncang Naggroe Aceh Darussalam, Minggu 9 Mei 2010 siang ini. Sementara, lembaga pengawas tsunami internasional, Pasific Tsunami Warning Centre (PTWC), gempa di Meulaboh berkekuatan 7,3 skala Richter.

"Tak ada ancaman tsunami besar dan merusak, ini berdasarkan data riwayat gempa bumi dan tsunami di wilayah itu", demikian dikabarkan laman Pasific Tsunami Warning Centre.

"Bagaimanapun, ada ancaman tsunami lokal mengancam pantai yang letaknya tak kurang dari 100 kilometer dari episentrum gempa," lanjut informasi di laman pemantau tsunami itu.

Pemerintah setempat diminta mengawasi kemungkinan ancaman ini dan terus mengawasi kenaikan permukaan laut. "Kapan tepatnya terjadinya tsunami lokal tak bisa diprediksi. Gelombang tsunami bisa datang antara waktu lima menit hingga satu jam."

Gempa siang ini terjadi di 3,61 LU, 95,84 BT, 66 Kilometer Barat Daya Meulaboh, NAD. Gempa terjadi di kedalaman 30 kilometer. Meulaboh adalah salah satu daerah yang terdampak paling parah dalam peristiwa tsunami 2004. Sampai saat ini belum laporan korban jiwa atau kerusakan di lokasi gempa.

Penyebab Gempa di Aceh
Gempa berkekuatan 7,2 SR yang terjadi di 66 kilometer barat daya Meulaboh dengan kedalaman 30 kilometer di bawah laut terjadi karena penunjaman lempeng Indo-Australia ke bawah lempeng Eurasia.

"Penyebab gempa karena penunjaman lempeng Indo-Australia ke bawah Eurasia," ujar Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Surono saat dihubungi wartawan melalui telepon, Minggu, 9 Mei 2010.

Menurutnya gempa tidak berpotensi tsunami. BMKG telah mencabut peringatan dini terjadinya tsunami. Pesan singkat yang didapat dari Surono kepada wartawan menyebutkan "Peringatan Tsunami akibat Gempa Magnitude 7,2 SR, 09-Mei 2010 pukul 12:59:41 WIB dinyatakan BERAKHIR/SELESAI. : BMKG. "Semoga seperti saya harapkan tidak terjadi tsunami," ujarnya.

BMKG mencatat gempa berkekuatan 7,2 SR terjadi di 3.61 LU, 95.84 BT atau 66 kilometer barat daya Meulaboh, dengan kedalaman 30 kilometer di bawah permukaan laut. Sumber VIVAnews. tag ; Info Gempa terkini,
Earthquake 7.2 on the Richter scale has the potential tsunami in Meulaboh
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

May 9, 2010 at 7:22 AM

owalah.. gw kirain dsono bnyak ce bugil alias boobshake.. hehe

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger