Selamat datang di Berita Lampung Online

Dokumen Menyudutkan Mantan Presiden AS George W Bush Beredar.

Friday, April 9, 20100 komentar

Berita Lampung Dokumen Menyudutkan Mantan Presiden AS George W Bush Beredar. Sebuah dokumen yang menyudutkan mantan Presiden AS George W Bush beredar. Dalam dokumen tersebut tertulis Bush sebenarnya mengetahui bahwa banyak tahanan di Teluk Guantanamo yang tidak bersalah. "Bush memang sadar para tahanan itu tidak bersalah namun Bush tetap menolak untuk membebaskan mereka karena alasan politik," tulis dokumen yang diperoleh AFP, Jumat (9/4/2010).

Hal tersebut sebenarnya sudah pernah diutarakan pensiunan tentara AS kolonel Lawrence Wilkerson. Dalam sebuah pernyataannya tanggal 24 Maret lalu, Wilkerson menuduh bahwa Wakil Presiden Bush, Dick Cheney dan Menteri Pertahanan Donald Rumsfeld tahu bahwa tahanan di kamp penahanan AS pada tahun 2002 tidak bersalah. Namun secara politik tidak mungkin untuk membebaskan mereka.

"Saya mengetahui bahwa hal ini bukan hanya Wakil Presiden dan Sekretaris Cheney Rumsfeld, tapi juga Presiden Bush yang terlibat dalam semua keputusan-keputusan (soal) Guantanamo," tulis Wilkerson.

"Banyak dari para tahanan di Guantanamo telah ditahan tanpa memperhatikan apakah mereka benar-benar pejuang musuh atau apakah banyak dari mereka adalah musuh sama sekali," tulis Wilkerson. "Pada akhir Agustus 2002 saya menemukan bahwa dari 742 tahanan awal yang tiba di Guantanamo, sebagian besar dari mereka belum pernah melihat seorang tentara AS," lanjutnya.

Menurut Wilkerson, banyak di antara tahanan anak-anak berusia 12 dan 13 tahun dan lanjut usia setua 92 atau 93 tahun. Cheney dan Rumsfeld tidak ingin melepaskan orang-orang berdosa itu karena takut mereka akan mengungkap kebohongan selama ini. "Seringkali tidak ada bukti sama sekali yang berkaitan dengan tahanan yang diserahkan, jadi tidak ada metode yang nyata mengetahui mengapa tahanan itu telah ditahan," imbuhnya. http://www.detiknews.com/read/2010/04/10/091056/1335719/10/george-bush-tahu-tahanan-guantanamo-tidak-bersalah
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger